Bukan Sekadar untuk Hiasan, Ini Fungsi Penting Spoiler pada Mobil


Naviri Magazine - Kita mungkin cukup sering mendapati mobil yang bagian belakangnya ditempeli spoiler, yaitu tambahan mirip sayap atau ekor, yang menempel pada bagian buritan atau belakang mobil. Spoiler biasanya terdapat pada mobil-mobil balap, meski juga sering dipasangkan pada mobil-mobil nonbalap.

Apa sebenarnya fungsi spoiler, dan mengapa ada orang-orang yang memasang spoiler pada mobil mereka?

Penggunaan spoiler di bagian belakang mobil pada awalnya hanya dipakai untuk mobil balap, karena spoiler dipercaya mampu mengontrol arah angin yang datang ke mobil, sehingga mobil mendapat daya tekan lebih pada bagian belakang (downforce) agar bisa tetap melaju dengan mulus di atas aspal tanpa melayang ataupun melintir saat menikung. 

Bentuk umum spoiler memiliki tiang penyangga yang cukup tinggi, dengan lembaran karbon yang didesain cukup besar, dan lekukan yang sporty, sedikit terlihat kaku dan berat.

Karena dipergunakan dalam ajang balap, maka bahan yang digunakan pun berupa karbon. Selain lebih kuat, juga lebih ringan dibandingkan model fiber yang cepat patah atau yang berbahan lempengan besi yang terlalu berat. 

Dalam perkembangannya, saat ini banyak wing yang hanya ditujukan untuk penggunaan aksesoris modifikasi ringan berbagai jenis mobil. Modelnya pun ada yang asli dibuat pabrik, berbahan karbon, dan ada pula yang model custom yang biasanya dibentuk dari bahan fiber oleh modifikator untuk keperluan fashion.

Spoiler umumnya dibuat untuk diletakkan di bagian buritan/belakang seperti bagasi. Untuk mobil tanpa bagasi, biasanya dipasang di bagian belakang atas kaca belakang. Bentuk spoiler menyerupai wing, hanya saja cenderung berbentuk lebih landai dan kecil, dan umumnya langsung menempel pada body. 

Fungsi spoiler sebenarnya didesain untuk lebih membantu fungsi body kit bagian bawah, yaitu untuk mengurangi gejala melayang saat mobil melaju (fungsi aerodinamika). Saat ini, aplikasi spoiler bisa dipergunakan pada setiap kendaraan nonbagasi maupun bagasi, baik untuk kendaraan kontes ataupun kendaraan harian, karena mampu membuat penampilan mobil standar tampak lebih sporty.

Bentuk spoiler yang memiliki ukuran lebih kecil, dengan desain lekukan mengarah ke atas layaknya ekor itik, serta terlihat lebih menyatu dengan body belakang, dikenal dengan sebutan ducktail. Placement spoiler ataupun ducktail tidak selalu di atas bagasi mobil, tetapi bisa juga diletakkan di bibir roof belakang mobil bagi kendaraan yang tidak ada bagasinya. 

Harga yang diterapkan pun bervariasi, yang pasti berbahan karbon lebih mahal dibandingkan yang berbahan material fiber. Untuk pemasangannya, antara wing dengan kap bagasi posisinya harus presisi, kemudian dibaut oleh mur dan baut. Jadi, bagasi harus dilubangi seukuran diameter mur, agar tidak ada lubang lebih yang dapat dimasuki air.

Related

Automotive 7615710757706555720

Recent

item