Fakta-fakta Ilmiah yang Mencengangkan di Balik Suara Manusia


Naviri Magazine - Manusia adalah makhluk yang kompleks sekaligus menakjubkan. Suara yang kita hasilkan adalah salah satunya. Pernahkah kita membayangkan atau memikirkan betapa menakjubkan kemampuan suara yang kita miliki?

Saat ini memang ada teknologi yang dapat merekam suara manusia. Sebut saja peranti CD yang dapat diputar untuk didengarkan. Namun, jika kita guyur CD tersebut dengan air, bisa jadi CD itu rusak atau tidak mampu lagi menghasilkan rekaman suara sebagaimana semula.

Hal itu jelas berbeda dengan suara yang kita miliki. Meski setiap saat kita minum air, suara yang dihasilkan tenggorokan kita tidak berubah. Bukan hanya air, kita bahkan memasukkan aneka makanan dan minuman lain ke mulut, dari popcorn sampai sambal, dari teh sampai minuman jus, dan semua itu tidak mengubah suara kita. Suara yang dihasilkan tenggorokan kita tetap sama.

Tak hanya itu, suara manusia juga dapat memberikan informasi mencengangkan, seperti ukuran badan dan orientasi seksual. Anne Karpf, dalam buku The Human Voice: How This Extraordinary Instrument Revelas Essential Clues About Who We Are, mengatakan suara dapat memberikan informasi tentang status sosial, psikologis, dan biologis. 

Selain itu, suara bisa digunakan untuk mengetahui ukuran badan, tinggi, berat, kondisi fisik, jenis kelamin, umur dan pekerjaan, dan orientasi seksual. Kelas sosial, ras, dan pendidikan seseorang, juga dapat ditelisik melalui suara.

Di dunia kesehatan, suara digunakan untuk mengetahui kelainan anatomi tubuh, dan kemungkinan adanya penyakit. Orang yang berisiko menderita jantung koroner dapat dideteksi lewat karakteristik suara, yakni volume dan kecepatan. Menurut Karpf, dokter meyakini bahwa kesadaran akan adanya perubahan suara dapat menyelamatkan seseorang dari bahaya kanker tenggorokan dan niatan bunuh diri.

Suara, di sisi lain, juga bisa memberitahu apakah seseorang lelah atau tidak. Hal ini penting, sebab kelelahan bisa berujung pada kematian dalam kasus-kasus tertentu.

Related

Science 7273721152796476095

Recent

item