Ini 10 Makanan yang Membantu Mengatasi Detak Jantung Cepat


Naviri Magazine - Ada beberapa gangguan jantung, dan serangan jantung merupakan hal terburuk yang bisa terjadi. Detak jantung cepat (tarkikardia) merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risikonya.

Secara normal, jantung memang berdetak lebih cepat dari biasanya ketika kita melakukan aktivitas fisik seperti berlari, jogging, berjalan cepat, dan semacamnya. Ketika acara olahraga selesai, maka detak jantung akan kembali melambat dan berangsur normal. Namun, jika usai berolahraga dan beristirahat tapi jantung tetap berdetak kencang, maka Anda perlu waspada.

Meski begitu, tidak perlu buru-buru panik, karena Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter langganan atau pakar kesehatan jantung yang berkompeten. Selain itu, Anda juga bisa meredakan detak jantung yang cepat dengan beberapa makanan berikut ini.

Tahu

Tahu mengandung kalsium dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, tahu juga baik bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.

Pisang

Pisang mengandung potasium yang kaya. Mineral itu sangat efektif dalam mengurangi kecepatan detak jantung.

Kismis

Seperti pisang, kismis mengandung potasium tinggi, namun rendah sodium. Kismis merupakan salah satu makanan terbaik yang mampu mengobati tarkikardia secara alami.

Bayam

Kekurangan magnesium diketahui sebagai salah satu penyebab tingginya detak jantung dan gangguan jantung lainnya. Dalam hal itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung magnesium yang dapat membantu mengatasinya. 

Almond

Kacang almond mengandung antioksidan dan vitamin yang mencegah penyakit jantung, dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Almond juga mampu mengontrol nafsu makan, sehingga dianggap sebagai camilan paling sehat.

Susu

Kekurangan kalsium merupakan salah satu penyebab tarkikardia. Karena itu, susu sangat baik untuk mengatasinya, karena mengandung kalsium tinggi.

Bawang putih

Bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga baik bagi kesehatan jantung, terutama dalam hal mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu, bawang putih juga kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan.

Tomat

Selain dapat mengurangi masalah jantung, tomat juga dapat membantu mengurangi nyeri dada karena heartburn.

Alpukat

Potasium yang terdapat dalam alpukat sangat bermanfaat bagi tubuh untuk mengatur aliran listrik di seluruh tubuh, termasuk di jantung. Alpukat mengandung potasium yang kaya, sehingga mampu membantu jantung untuk tetap sehat.

Ikan

Ikan seperti tuna, salmon, atau sarden, mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk jantung. Ikan-ikan itu juga diketahui efektif untuk mengurangi detak jantung.

Related

Health 5695068068359303850

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item