Ini 5 Makanan yang Membantu Menunjang Kesehatan Tulang


Naviri Magazine - Tulang adalah bagian penting tubuh manusia yang berfungsi menopang tubuh serta melindungi organ penting manusia. Karena fungsinya yang sangat besar, kita pun perlu menjaga kesehatan tulang, agar tubuh ikut terjaga. Di antara upaya untuk menjaga kesehatan tulang adalah rajin berolahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk tulang. 

Susu terkenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan tulang, karena mengandung kalsium. Selain susu, berikut ini beberapa makanan yang bisa menunjang kesehatan tulang. 

Kedelai 

Kedelai adalah makanan yang mengandung protein tinggi, dan biasa diolah menjadi tahu, tempe, atau lainnya. Secara rata-rata, orang dewasa membutuhkan sekitar 1.000 miligram nutrisi penting setiap hari. 

Dalam hal itu, setengah cangkir porsi tahu diperkaya dengan kalsium yang mengandung sekitar 25 persen dari jumlah tersebut. Secangkir kedelai mengandung 261 miligram kalsium, ditambah 108 miligram magnesium. 

Lemak ikan 

Orang banyak mengonsumsi susu, keju, yoghurt, dan tahu, dengan harapan memperoleh asupan kalsium yang cukup. Namun, semua makanan itu bisa dibilang tidak ada gunanya jika tidak ditambah vitamin D yang membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Dalam hal itu, kita bisa mendapatkannya dari lemak ikan. 

Menurut National Institutes of Health, rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 600 unit internasional (IU) vitamin D setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan lebih dari 500 IU per hari, berisiko 40 persen lebih rendah untuk mengalami patah tulang. Satu sarden mengandung 178 IU, dan dalam tiga ons tuna kaleng terdapat sekitar 70 IU.

Sayuran berdaun hijau 

Selain vitamin D, upaya menjaga kesehatan tulang juga membutuhkan asupan vitamin K. Di dalam tubuh, vitamin K membentuk protein untuk melakukan pekerjaannya. Mengonsumsi lebih banyak vitamin K, terutama melalui sayuran berdaun hijau seperti lobak, kangkung, dan bayam, erat kaitannya dengan rendahnya risiko patah tulang pinggul. 

Kentang 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium mampu menetralkan beberapa penurunan dalam penyerapan kalsium dalam tubuh. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium sehari. 

Satu kentang manis berukuran sedang dengan kulit mengandung 542 miligram kalium, sedangkan kentang putih berukuran sedang dengan kulit mengandung 751 miligram kalium. 

Pisang 

Tak jauh beda dengan kentang, pisang juga merupakan makanan dengan kandungan kalium yang baik untuk tulang, meski sering kali diabaikan dalam daftar makanan diet.

Related

Health 6521897482364064568

Recent

item