Inilah 10 Negara dengan Penduduk Paling Sedikit di Dunia


Naviri Magazine - Amerika Serikat, India, Cina, bahkan Indonesia, terkenal sebagai negara dengan penduduk yang sangat banyak, karena jumlahnya mencapai ratusan juta, bahkan lebih dari 1 milyar. 

Namun, selain negara-negara yang berpenduduk banyak, ada pula negara-negara yang berpenduduk sangat sedikit. Jumlahnya tidak sampai berjuta-juta, tapi hanya beberapa ribu jiwa.

Beberapa negara yang berpenduduk sangat sedikit di antaranya adalah negara kepulauan di Samudera Pasifik, dan sebagian lagi merupakan bagian terpisah dari negara lain. Berikut ini adalah negara-negara yang memiliki jumlah penduduk paling sedikit di dunia, berdasarkan data Bank Dunia.

Tuvalu 

Dulu, negara ini dikenal dengan nama Kepulauan Ellice, dan merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik antara Hawaii dan Australia. 

Tuvalu adalah salah satu negara terkecil di dunia, dengan luas wilayah hanya 26 kilometer persegi. Tetangga terdekatnya adalah Kiribati, Nauru, Samoa, dan Fiji. Penduduk Tuvalu hanya sebanyak 9.860 jiwa.

Palau 

Palau adalah negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik, sekitar 200 kilometer dari wilayah provinsi Papua Barat, dan 500 kilometer dari Filipina. 

Negara yang kadang juga disebut Belau atau Pelew ini memiliki luas wilayah 459 kilometer persegi, yang terbagi menjadi 16 negara bagian, dan memiliki 8 pulau utama serta 250 pulau kecil. Penduduk Palau hanya berjumlah 20.754 jiwa.

Saint Martin 

Saint Martin adalah salah satu wilayah jajahan seberang laut Prancis, yang terletak di kepulauan Karibia, sebelah tenggara Bahama. 

Negara ini terletak di pulau Saint Martin (dalam bahasa Belanda disebut Sint Maarten), yang dibagi menjadi dua bagian, 60 persen untuk Prancis dan 40 persen untuk Belanda. Negara ini memiliki luas wilayah 53,2 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk sebanyak 30.959 jiwa.

San Marino 

Seperti negara-negara sebelumnya, San Marino juga termasuk negara terkecil di dunia. Negara ini dikelilingi oleh Italia, dan memiliki luas wilayah 61,2 kilometer persegi. Jumlah penduduk San Marino hanya 31.247 jiwa.

Kepulauan Turks dan Caicos 

Kepulauan Turks dan Caicos adalah wilayah luar negeri Britania Raya, yang terletak di kepulauan Karibia. Dengan luas wilayah 430 kilometer persegi, negara ini terdiri dari 40 pulau, dan 8 di antaranya berpenghuni. Jumlah penduduknya hanya sebanyak 32.427 jiwa.

Liechtenstein 

Liechtenstein merupakan negara kepangeranan yang terletak di antara Austria di timur dan utara, serta Swiss di barat dan selatan. Negara ini memiliki luas wilayah 160 kilometer persegi. Meski negara kecil, tapi Liechtenstein termasuk negara kaya. Penduduk negara ini sejumlah 36.656 jiwa.

Monaco 

Monaco merupakan negara kota yang terletak di Eropa Barat, berbatasan dengan Prancis dan Laut Tengah. Dengan luas wilayah 202 kilometer persegi, Monaco hanya memiliki penduduk sejumlah 37.579 jiwa.

Sint Maarten

Sint Maarten adalah salah satu dari empat negara konstituen yang membentuk Kerajaan Belanda. Wilayahnya berada di bagian selatan pulau Saint Martin, dengan luas wilayah 34 kilometer persegi, sementara wilayah utara pulau tersebut dimiliki oleh Prancis. Jumlah penduduk Sint Maarten sebanyak 39.088 jiwa.

Kepulauan Faroe 

Kepulauan Faroe adalah kepulauan yang terletak di Samudera Atlantik bagian utara. Wilayahnya seluas 1.399 kilometer persegi, dan berada di antara Skotlandia serta Islandia. Kepulauan Faroe merupakan wilayah otonomi dari Kerajaan Denmark. Penduduk yang tinggal di sana sebanyak 49.506 jiwa.

Kepulauan Marshall 

Terletak di Samudera Pasifik bagian barat, Kepulauan Marshall adalah negara kepulauan yang berbatasan dengan Nauru, Kiribati, Mikronesia, dan Pulau Wake. Negara ini memiliki luas wilayah 181,3 kilometer persegi, dan berpenduduk sebanyak 52.555 jiwa.

Related

International 1487411239098556721

Recent

item