Kisah Tragis Kucing Astronot Pertama yang Dilupakan Dunia


Naviri Magazine - Upaya penjelajahan luar angkasa tidak hanya dilakukan dengan mengirimkan manusia, tapi juga hewan. Bahkan, sebelum mengirimkankan manusia, kerap kali hewan-hewan akan menjadi yang pertama ke luar angkasa. Karenanya, kita pun mengenal hewan-hewan astronot semacam Laika (anjing) dan Ham (simpanse), yang pernah ke luar angkasa dengan pesawat.

Yang ironis, ada seekor kucing pernah ke luar angkasa, namun keberadaannya dilupakan oleh dunia. Padahal, dia kucing astronot pertama dan satu-satunya di dunia. Namun, bukannya mendapatkan penghargaan yang layak, nasib kucing itu justru tragis dan menyedihkan.

Kucing itu bernama Felicette, dari Hammaguir, Aljazair. Dia diterbangkan ke luar angkasa 54 tahun lalu oleh Centre National d’├ętudes Spatiales (CNES) yang merupakan NASA versi Prancis. 

Meskipun astrocat ini membuat sejarah besar pada 18 Oktober 1963, bisa dibilang dia sama sekali tak dianggap. Media lokal Prancis, Le Dauphine, bahkan menyebutnya sebagai pengorbanan kucing yang tidak dihargai.

Lebih buruk lagi, beberapa bulan setelah misi dan kembali ke bumi, Felicette dibius dan dimatikan, agar para ilmuwan dapat mempelajari dampak perjalanan angkasa terhadap tubuhnya.

Beberapa kali bahkan Felicette sering salah diidentifikasi sebagai seorang pria bernama Felix. Tak ada patung, juga tak ada penghargaan. Jika tak ada yang membahasnya, maka Felicette lambat laun bakal dianggap tak pernah ada di muka bumi.

Related

Science 6841187844334818833

Recent

item