Mengenal Objektofilia, Kelainan Seksual Terkait Benda Mati


Naviri Magazine - Sesuatu disebut “kelainan”, karena memang lain atau berbeda dengan yang lazim. Begitu pun kelainan seksual. Secara lazim, hubungan seksual yang dilakukan manusia adalah dengan manusia lain (pasangannya). Ketika seseorang menggunakan pasangan lain dalam bentuk benda mati, misalnya, maka yang dilakukannya termasuk kelainan. Objektofilia adalah salah satunya.

Object sexuality atau objectum sexuality, objektophilie, atau objektofilia (OS) adalah sexual disorder atau penyimpangan seksual yang membuat seseorang memiliki dan mengembangkan ketertarikan, perasaan cinta, ketertarikan seksual, pada benda mati tertentu. Pengidap OS biasanya menganggap benda tersebut memiliki jiwa, perasaan, emosi, bahkan kecerdasan, sehingga bisa berkomunikasi dengan mereka.

OS vs fetish

Meskipun sama-sama memiliki ketertarikan dengan objek benda mati, OS dan fetisisme ternyata berbeda. 

Jika fetis menjadikan benda sebagai "perantara" dan objek imajinasi, dan biasanya berakhir dengan hubungn seksual dengan manusia, maka OS murni tertarik pada benda mati, dan berhubungan "dengan" benda tersebut—bukan sekadar "menggunakan" benda tersebut. Sehingga pengidap OS merasa tidak bermasturbasi, tapi benar-benar melakukan hubungan seksual dengan "seseorang".

Penyebab

Perilaku ini biasanya berkembang di masa kecil atau beranjak remaja. Pada masa itu, penderita biasanya pernah mengalami trauma, baik pelecehan seksual ataupun trauma sosial, yang berakibat ketidakmampuannya mengembangkan diri secara sosial.

Related

Sexology 642521664689813315

Recent

item