Bagaimana Ikan di Kedalaman Laut Melihat Dalam Gelap?


Naviri Magazine - Beberapa ikan yang hidup di kedalaman laut yang gelap memiliki mata berukuran sangat kecil, atau bahkan tidak mempunyai mata sama sekali, sehingga mereka tidak dapat melihat. 

Sementara ikan-ikan yang lain memiliki mata besar yang dapat menangkap berkas cahaya apa pun, bahkan yang redup sekalipun. Selain itu, ada pula jenis-jenis ikan yang memiliki mata berbentuk tabung yang bekerja seperti teropong.

Namun, bagi kebanyakan ikan yang hidup di kedalaman laut, penglihatan tidak banyak berfungsi, karena air di tempat itu berwarna hitam pekat. Karena itu, kebanyakan ikan di sana mengetahui keberadaan mangsa mereka melalui bau, rasa, dan sentuhan. 

Sekumpulan saraf yang ada di tubuh ikan-ikan tersebut dapat menangkap getaran di dalam air ketika ada makhluk lain (mangsa atau pemangsa) yang sedang berenang. 

Beberapa ikan pemburu di kedalaman laut bahkan memiliki tentakel-tentakel panjang yang menjuntai dari rahangnya, yang amat sensitif terhadap rasa.

Related

Science 8307198445107294337

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item