Ulasan Film yang Diadaptasi dari Novel-novel Nicholas Sparks (Bagian 1)


Film-film Nicholas Sparks sangat formulaik. Kenapa formulaik? Karena laku. Kenapa laku? Karena formulaik.

Soal: Setelah membaca beberapa sinopsis di bawah ini, tandailah mana film Nicholas Sparks dan mana film Uwe Boll?

1. Ada cewek Kristen saleh bertemu bad boy tukang kelahi. Mereka dipersatukan oleh pementasan drama yang mulanya ditujukan untuk menghukum si cowok. Keduanya jadi dekat dan jatuh cinta sampai si cewek meninggal karena leukemia.

2. Seorang ibu dua anak bingung karena suaminya minta rujuk di tengah proses perceraian. Sembari memikirkan keputusan yang tepat, ia membantu teman mengurusi hotel di Carolina Utara. Di sana, ia bertemu pria paruh baya yang hidupnya tak kalah pelik. Kesamaan itu membuat keduanya dekat. Sayang, mereka tak bisa bersama karena si pria meninggal ketika mengunjungi putranya di pedalaman Amerika Selatan.

3. Seorang mantan marinir berusaha mencari seorang perempuan di sebuah foto yang ia percaya telah menyelamatkannya dari ledakan saat perang. Perempuan itu ternyata adalah ibu satu anak yang tengah berkonflik dengan suaminya. Mas-mas tentara dan mbak-mbak ini jadi dekat dan membuat si mantan suami kesal. Menjelang akhir cerita, si mantan suami meninggal karena menyelamatkan anaknya yang nyaris tenggelam di sungai.

4. Skenario lain: mbak-mbak dan mas-mas yang bertemu setelah 21 tahun putus kontak. Keduanya mengunjungi pemakaman kawan lama dan mengurusi surat warisan sembari bernostalgia. Setelah berpisah lagi, mereka sadar tak bisa hidup tanpa satu sama lain. Hanya saja, mas-mas ini keburu meninggal. Di akhir, ia sempat mendonorkan jantungnya untuk menyelamatkan putra kekasih lamanya itu.

Jawaban: Semuanya film-film Nicholas Sparks. Tidak ada film Uwe Boll.

Kisah cinta gadis saleh dan cowok bengal yang dipisahkan leukemia ada di A Walk to Remember (2002). Ibu beranak dua yang bertemu seorang dokter dan saling curhat bisa Anda temukan di Nights in Rodanthe (2008). Kisah cinta prajurit veteran yang merasa diselamatkan oleh foto gadis yang tak ia kenal akan Anda saksikan di The Lucky One (2012), kisah prajurit lainnya di Dear John (2010), dan kisah mbak dan mas yang bertemu setelah 21 tahun di The Best of Me (2014).

Sebutkan saja kisah-kisah antara cowok dan cewek yang harus terpisah karena sakit keras atau kematian tak terduga. Jika bukan mas-mas atau mbak-mbak yang meninggal, barangkali ayah dari si mbak. Well, itulah plot dari The Last Song (2010). Anda gusar karena tak ada yang meninggal? Tenang, ada nasihat tips dan trik menjalani hidup dari arwah mantan istri di Safe Haven (2013).

Memang tak adil jika tak menyebutkan The Notebook (2004). Inilah satu-satunya film Sparks yang mendapat skor lumayan di Rotten Tomatoes (53 persen). Barangkali yang membuat film ini beda adalah latar di Amerika Serikat tahun 1940-an dan cinta yang terlarang akibat perbedaan kelas sosial. 

Kemungkinan lainnya: karena Rachel McAdams punya potensi jadi America’s sweetheart setelah Meg Ryan atau Julia Roberts, dan Ryan Gosling sangat mahir jadi sobat murung sekaligus sosiopat yang jualan rumah.

Tipikal kisah yang disajikan Sparks tersebut sudah bisa terlihat dari adaptasi film pertamanya, Message in a Bottle (1999). Film ini dimulai dengan seorang reporter bernama Theresa Osborne yang menelusuri sebuah surat cinta yang ditujukan untuk seseorang bernama Catherine. Surat itu ditemukan tersimpan dalam sebuah botol yang terdampar di tepi pantai.

Dua film adaptasi dari Nicholas Sparks, The Longest Ride (2015) dan The Choice (2016), juga tak meninggalkan kesan mendalam. Ceritanya pun masih mengusung formula cewek ketemu cowok (boy meets girl) dan segala urusan yang membuat mereka nyaris tak bisa bersama. 

Baca lanjutannya: Ulasan Film yang Diadaptasi dari Novel-novel Nicholas Sparks (Bagian 2)

Related

Entertainment 2956990908800335805

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item