Kelebihan dan Kecanggihan Fitur Pada Skuter Listrik Yamaha E01


Yamaha Motor Company (YMC) memperkenalkan motor listrik Yamaha E01 di beberapa negara di dunia. Meskipun belum ada rencana untuk dijual ke publik, namun YMC telah mengungkapkan apa saja yang menjadi kelebihan dari motor listrik ini.

Menurut Engineer Project Leader YMC Takuya Maruo, Yamaha E01 ini merupakan motor yang ramah lingkungan. Selain itu, motor listrik ini juga memiliki getaran yang minim dan juga suaranya tidak menimbulkan kebisingan.

"Dengan demikian, pengendara tidak akan merasa kelelahan. Tidak hanya itu, pengendara juga tidak perlu takut mengganggu kenyamanan saat mengendarai motor ini di pagi hari atau malam hari," kata Maruo dalam acara Global Press Conference Yamaha Motor Company.

Maruo juga mengungkapkan bahwa motor listrik ini memiliki torsi yang responsif meskipun dalam kecepatan rendah. Kemudian, motor ini juga menggunakan sistem baterai dengan sel yang padat, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan daya saat diajak berkendara jauh.

"Kami mengembangkan motor listrik ini mengadopsi fungsi motor 125cc kami, yang cocok untuk digunakan pergi ke sekolah atau bekerja sebagai kontrol daya yang mulus sesuai dengan model berbasis mesin," jelasnya.

Maruo berpendapat, untuk mencapai kecepatan 100 km per jam, motor listrik ini harus menggunakan baterai yang lebih besar dengan tipe fixed, dan terkait pengisiannya hanya bisa menggunakan model plug-in, bukan swap. Teknologi baterai ini memungkinkan motor mengeluarkan tenaga maksimum 8 HP pada 5000 rpm dan torsi maksimum 3,02 Nm pada 1950 rpm.

Yamaha E01 memiliki tiga opsi pengisian daya. Pertama adalah pengisi daya cepat yang bisa mengisi daya hingga 90 persen dalam waktu sekitar satu jam. Kemudian pengisi daya normal dengan output 200 hingga 240 volt yang bisa mengisi penuh baterai dalam lima jam.

Terakhir adalah pengisi daya portabel yang kompatibel dengan stopkontak 100-200 volt, yang bisa mengisi penuh baterai dalam waktu 14 jam. 

Secara khusus, pengisi daya portabel dapat disimpan di bawah kursi jok dan fleksibel. Waktu pengisian 14 jam mungkin agak lama, tetapi Yamaha mengasumsikan perjalanan harian biasa sekitar 30 hingga 40 kilometer.

Keunggulan lainnya dari skuter listrik Yamaha E01 ini adalah hadirnya fitur mode mundur, yang memungkinkan motor untuk bergerak mundur dengan kecepatan rendah sekitar satu kilometer per jam.

Selain itu, motor listrik ini juga sudah dibekali sistem pengereman regeneratif dengan pengumpanan deselerasi alami, dan Traction Control System (TCS) yang mendeteksi putaran roda belakang dan mengontrol output mesin.

Related

Automotive 6844514332909770733

Recent

item