9 Film Hollywood Paling Kontroversial di Dunia

9 Film Hollywood Paling Kontroversial di Dunia

Hollywood melahirkan film dalam jumlah tak terhitung banyaknya. Sebagian film itu sukses, sebagian lain biasa-biasa saja, dan sebagiannya lagi merugi. Di antara banyak film yang pernah dirilis Hollywood, ada segelintir film yang menimbulkan kontroversi besar di dunia, karena berbagai alasan. Berikut ini sembilan di antaranya.

1. Da Vinci Code - 2006

Film yang diangkat dari novel karya Dan Brown, Da Vinci Code, membuat marah umat Nasrani di seluruh dunia, sehingga syuting dan launching-nya didemo. 

Film ini bertutur tentang pembunuhan terhadap seorang kurator museum, yang akhirnya mengungkap misteri yang tak bisa diterima umat Nasrani, yakni bahwa Maria Magdalena adalah istri Yesus, dan Yesus punya keturunan. 

2. A Clockwork Orange - 1971

Karya sutradara Stanley Kubrick ini diangkat dari novel berjudul sama, karya Anthony Burgess. Film yang dibintangi Malcolm McDowell dan Patrick Magee ini bercerita tentang geng remaja yang hobi melakukan aksi kriminal seperti penganiayaan. 

Secara tema, film ini menarik, namun penggarapannya mendapat kritikan dan kecaman karena adegan-adegan yang ditampilkan dianggap tak layak tayang. Bahkan sutradara film ini sempat diteror oleh seseorang yang identitasnya hingga kini tak terungkap. 

Namun demikian, film ini masuk nominasi Oscar, meski The French Connection yang berhasil menggondol penghargaan bergengsi di industri perfilman di Hollywood itu.

3. Basic Insting - 1992

Film yang disutradarai Paul Verhoeven ini bercerita tentang seorang detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan. 

Film yang dibintangi Michael Douglas dan Sharon Stone ini sukses besar, namun menuai kritik dan kecaman karena film thriller psikologi ini tak hanya mengumbar adegan seks secara vulgar, tapi juga karena kaum gay dan lesbian menganggap penggambaran tokoh utamanya yang biseksual dianggap terlalu berlebihan, terutama penggambarannya pada opening film.

4. The Exorcist - 1971 

Film horor yang diangkat dari novel karya William Peter Blatty dengan judul yang sama ini dianggap sebagai film horor terbaik sepanjang masa di Hollywood. Namun film tentang gadis kecil yang kerasukan setan ini dikecam habis karena mengumbar dialog yang dianggap kelewat batas. 

Pasalnya, di antara dialog-dialog tersebut terdapat kata-kata vulgar yang tak layak diucapkan seorang anak, belum lazim digunakan masyarakat Amerika kala itu, dan ada juga kata-kata yang menghujat serta menghina Tuhan dan agama.

5. Aladin - 1992

Film yang disutradarai Ron Clements dan John Musker, serta diangkat dari dongeng klasik Timur Tengah ini, menjadi kontroversi karena ada dialog yang dianggap terlalu mendiskreditkan bangsa Arab. 

Dalam film itu terdapat dialog yang bunyinya demikian; “Orang Arab akan memotong telinga Anda, jika mereka tidak seperti wajah Anda." Kecaman antara lain datang dari The American-Arab Anti Discrimination Committee (Komite Anti-Diskriminasi Amerika-Arab). Akhirnya film ini dirilis ulang setelah dialog tersebut diubah.

6. Brokeback Mountain - 2005

Film yang dibesut sutradara asal China, Ang Lee, ini berhasil menyabet piala Oscar, namun sempat dikritik karena meruntuhkan stigma tentang cowboy yang macho dan jantan. 

Pasalnya, film ini bercerita tentang 2 cowboy homo. Apalagi karena adegan seks kedua tokohnya disajikan cukup vulgar. Selain itu, ketika film dirilis, di Amerika sedang hangat-hangatnya isu persamaan hak untuk kaum gay/lesbian yang pembahasannya hingga di parlemen.

7. JFK - 1991 

Film besutan sutradara Oliver Stone ini bercerita tentang pembunuhan Presiden Amerika, John F Kennedy. Film ini sukses di pasaran, namun sempat menuai kontroversi, bahkan dicekal pemerintah Amerika karena plotnya dianggap sarat kebohongan. 

Seperti kita ketahui, hingga kini kasus pembunuhan JFK masih misteri dan belum terungkap, meski pelakunya, Lee Harvey Oswald, telah diadili.

8. Cannibal Holocaust - 1980

Film karya Ruggero Deodato ini bercerita tentang 4 mahasiswa yang ingin membuat film dokumenter tentang suku kanibal di Amazon. Begitu film ini diputar perdana di Milan, pengadilan setempat langsung menyitanya, sementara Deodato, sang produser, dijebloskan ke penjara karena pihak berwenang yakin film itu bukan rekaan, dan kematian para tokoh di film tersebut sungguhan. 

Untung saja para aktor pemeran itu kemudian muncul di TV dan menjelaskan kalau yang tergambar di film itu hanya rekayasa. Mereka adalah aktor-aktor amatiran yang tidak dikenal, dan bersedia diberi honor rendah.

9. Calligula - 1979

Film karya Tinto Brass ini bercerita tentang Calligula, kaisar Romawi yang kontroversial. Namun begitu di-launching, film ini menuai kontroversi karena penggarapan sangat vulgar, sehingga dikategorikan film XXX. 

Akibatnya, meski biaya pembuatan film ini merupakan yang terbesar dalam sejarah perfilman Hollywood kala itu, namun juga merupakan film yang paling rugi dalam sejarah Hollywood hingga saat ini, karena tak bisa tayang bebas di bioskop-bioskop.

Related

Film 5325179665870445238

Recent

item