Mengapa Ada Bus yang Toiletnya Terletak di Tengah? Ini Jawabannya

Mengapa Ada Bus yang Toiletnya Terletak di Tengah? Ini Jawabannya

Toilet menjadi salah satu fasilitas utama yang ada di bus-bus keluaran terbaru. Ada armada bus yang toiletnya terletak di belakang, dan ada juga armada bus yang posisi toiletnya ada di tengah, dekat pintu penumpang. Apa alasan toilet tersebut ditempatkan di tengah bodi bus?

Disampaikan Direktur Utama PO SAN, Kurnia Lesani Adnan, ada alasan khusus mengapa fasilitas toilet bus diletakkan di tengah. Hal itu berkaitan dengan sistem maintenance atau perawatan bus. Toilet tengah biasanya ada di bus-bus Eropa seperti Scania atau Mercedes-Benz.

"Kenapa yang unit Eropa itu dibikin toilet tengah? Karena area di belakang roda itu ada beberapa alat yang butuh maintenance dan harus luas," kata pria yang akrab disapa Sani, dalam tayangan video di YouTube Perpalz TV.

"Kalau yang Scania, di situ ada silincer knalpot. Kalau di Mercedes-Benz, di 1836, di situ ada air system. 2542, R OH-nya pendek. Makanya, kita pindah pintunya (dan toiletnya) ke tengah, supaya fungsi maintenance-nya maksimal. Karena kunci dari sebuah kendaraan, pertama adalah how to drive dan how to maintenance," sambung Sani.

Sebagai informasi, toilet di bus umum hanya bisa digunakan saat bus sedang berjalan, dan peruntukannya hanya untuk buang air kecil. Hal itu lantaran bus tidak memiliki penampungan kotoran, selain itu kapasitas air bersih yang tersedia juga terbatas.

"Secara umum, bus yang ada di Indonesia tidak punya septic tank untuk menampung hasil buang air kecil," kata Head of Bus Product & Sales, Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Adri Budiman.

"Maka dari itu, sebagian besar karoseri bus hanya memperbolehkan para penumpang bus untuk menggunakan toilet pada saat bus sedang berjalan, guna menghindari air yang tersimpan di toilet serta bau yang bisa memasuki kabin bus dan dapat mengotori jalan raya," jelas Adri.

Related

Automotive 2670780301977984149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item