Film-film Hantu Paling Menakutkan dan Fenomenal, dari Dalam dan Luar Negeri


Naviri Magazine - Berbeda dengan umumnya genre film lain yang seratus persen menggunakan manusia sebagai tokoh atau pemeran dalam film, genre horor mampu menggunakan tokoh-tokoh di luar manusia untuk menjadi karakter dalam film. Yang paling umum tentu saaja sosok hantu. Dan sosok hantu itu bisa mewujud dalam berbagai bentuk serta beragam cara.

Bisa jadi, keunikan itu pula yang menjadikan film-film hantu memiliki peminat yang selalu penasaran ingin menyaksikan. Berikut ini adalah film-film horor seputar hantu yang dianggap paling menakutkan, namun juga paling fenomenal.

The Conjuring

The Conjuring merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Banyak penonton yang memberikan komentar positif tentang film The Conjuring, yang memiliki alur cerita bagus sekaligus menarik.

Insidious

Insidious ber-genre film horor psikologis asal Amerika Serikat. Lewat sutradara James Wan, Insidious berhasil membuat para penonton berdebar ngeri saat menontonnya. 

Paranormal Activity

Paranormal Activity menggunakan sistem found footage, dengan menggunakan kamera yang secara sengaja dipasang untuk menangkap keberadaan hantu di sekitar. Paranormal Activity disutradarai, dan hingga kini mempunyai 5 seri.

The Grudge

The Grudge ditulis oleh Stephen Susco, dan filmnya disutradarai oleh Takashi Shimizu. Film ini menceritakan sebuah rumah yang sangat seram, dan siapa saja yang memasuki akan terkena kutukan mengerikan. 

The Amityville Horror 

The Amityville Horror merupakan film yang diangkat dari kisah nyata. Menceritakan sebuah keluarga yang menempati sebuah rumah yang dulunya merupakan tempat pembantaian, dan keluarga baru tersebut mengalami banyak kejadian aneh.

Evil Dead

Evil Dead disutradarai oleh Fede Alvarez. Evil Dead ini merupakan sekuel dari film yang dibuat pada 1987. Beberapa artis papan atas ikut dalam film horor ini.

Into The Mirror

Into The Mirror bercerita tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan cermin. Banyak misteri yang kita dapatkan dalam ini.

Inner Senses

Inner Senses mengisahkan perempuan cantik yang depresi dan bisa melihat sesuatu yang menyeramkan. Ia ditolong oleh seorang psikiater, namun kemudian sang psikiater juga mengalami permasalahan yang sama dengan pasiennya, yakni bisa melihat hal-hal menyeramkan.

JU-ON

Di sutradarai oleh Takashi Shimizu, JU-ON mengisahkan sebuah rumah yang sangat menyeramkan. Rumah berhantu yang ada dalam film sangat mengerikan jika ditonton sendirian.

A Tale Of Two Sisters

A Tale Of Two Sisters merupakan film thriller psikologis. Mengisahkan ketidaksukaan seorang kakak beradik pada ibu tirinya, yang berlanjut pada sebuah misteri yang sangat janggal dan mengerikan. 

Beranak Dalam Kubur

Beranak Dalam Kubur dibintangi oleh Suzanna, dan merupakan film yang sangat menyeramkan pada zamannya.

Pocong 2

Pocong 2 dibintangi oleh Revalina S Temat dan Ringgo Agus Rahman. Mengisahkan sebuah apartemen yang didiami 2 orang wanita, dan apartemen tersebut selalu dihantui sesosok pocong menyeramkan.

Kuntilanak

Rizal Mantovani adalah sutradara film ini. Dengan artis yang tidak asing lagi seperti Ratu Felisha dan Julie Estelle, membuat film Kuntilanak cukup diminati.

Tomie

Film yang diproduksi pada 1999 ini disutradarai oleh Junji Ito yang memang sangat piawai dalam membuat film ber-genre hantu atau setan. Film ini mengisahkan seorang gadis cantik yang telah meninggal, tetapi mempunyai kemampuan reinkarnasi.

The Shock Labyrinth

The Shock Labyrinth dirilis para tahun 2009, disutradarai oleh Takashi Shimizu yang juga merupakan sutradara film Ju On yang sangat populer. Bersetting lokasi di area gunung Fuji, film ini sungguh menarik dan menyeramkan.

Uzumaki (Spiral)

Uzumaki merupakan film horor Jepang yang dirilis pada tahun 2000. Film ini bisa dikatakan agak absurd, tetapi mempu menggambarkan sosok Uzumaki yang sesungguhnya. 

23:59

23:59 merupakan film horor hasil kerjasama Singapura dan Malaysia. Film ini menceritakan kejadian pada 1983, yakni tentang tentara yang sangat ketakutan pada makhluk gaib. Film ini merupakan debut bagi artis Gilbert Chan, yang berperan sebagai Jeremy.

Dumplings

Dumplings mempunyai cerita yang cukup unik. Yaitu tentang upaya mempertahankan tubuh agar awet muda, dengan menggunakan pangsit yang di dalamnya terdapat hal yang tidak diinginkan. Mengerikan sekaligus menjijikkan.

Nang Nak

Nang Nak ini sangat diangkat dari kisah nyata. Film ini dirilis pada 1999. Setelah pulang dari tugas wajib militer, Mek pulang ke rumah, tetapi istrinya ternyata sudah meninggal, dan hidup sebagai hantu.

The Maid

The Maid ini merupakan film horor Singapura, menceritakan seorang pembantu rumah tangga bernama Rosa Dimaano (diperankan Alessandra de Rossi). Film ini termasuk cerita hantu urban yang sangat seram.

The Wailing

The Wailing memiliki cerita yang sangat mengerikan, tentang sosok iblis yang bersemayam di sebuah desa terpencil. Seorang polisi dari dusun kecil kemudian harus berhadapan dengan kekuatan yang berada di luar jangkauannya.

Green Room

Grenn Room adalah film horor karya Jeremy Saulnier. Mengisahkan tentang pengepungan yang dilakukan para skinhead kejam pimpinan Patrick Steward, kepada sebuah grup band punk yang dikomandani Anton Yelchin. 

The Autopsy of Jane Doe

The Autopsy of Jane Done adalah film horor yang menampilkan kamar mayat dengan jenazah korban pembunuhan yang aneh, proses pembedahan yang menjijikkan, dan kejadian supranatural sangat menakutkan.

Under The Shadow

Film ini merupakan arahan debut Babak Anvari yang menjadikan film ini sangat spesial, dan mampu mengombinasikan kecemasan serta rasa tak nyaman dari sebuah ancaman supranatural, peperangan, dan politik di saat bersamaan. 

The Invitation

The Invitation merupakan film horor yang menampilkan acara reuni sekaligus makan malam hangat di kawasan Hollywood Hills, yang berubah menjadi mimpi buruk ketika tuan rumah memiliki agenda misterius yang dipersiapkan untuk tamu-tamunya.

The Witch

The Witch menceritakan dongeng gelap tentang penyihir wanita jahat dari perkampungan puritan di New England pada abad ke-17 milik Rober Eggers. Film yang bernada suram dan depresif ini dibangun oleh plot dan musik yang menakutkan. 

The Conjuring 2

Film ini merupakan sekuel yang sama solid dengan pendahulunya. James Wan melakukan pekerjaannya dengan sangat baik ketika memodifikasi premis generiknya menjadi sajian audio visual yang penuh ancaman mengerikan.

Related

Film 1969423698372537861

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item