Ternyata, Rayap Punya Kebun bahkan Kota!


Naviri Magazine - Beberapa jenis rayap—di antaranya rayap jenis macroterm—berkebun atau menanam jamur. Rayap-rayap itu membuat “sisir jamur” khusus dari kotoran mereka sendiri sebagai dasar untuk menumbuhkan jamur. Itulah yang disebut kebun rayap. 

Jamur muncul dari kotoran, dan rayap akan memakan jamur serta hasilnya. Jamur jenis itu sangat khusus, dan hanya tumbuh di sarang rayap.

Bagaimana dengan kota rayap?

Sejumlah rayap yang hidup di padang rumput kering di daerah tropis membangun sarang yang sangat tinggi, yang menjadi tempat para rayap hidup dan bekerja. Itulah yang kemudian disebut kota rayap.

Beberapa sarang tersebut sangat besar. Rayap jenis mactoterm di Afrika, misalnya, membangun sarang mereka hingga setinggi 7,5 meter—empat kali tinggi badan manusia. Sedang sarang rayap magnetik dapat mencapai 3,5 meter. 

Sebagai perbandingan, beberapa spesies rayap membangun semua sarangnya pada satu tanaman atau di bawah tanah, dan biasanya tidak terlalu besar.

Related

Animals 7680224996249396870

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item