Kisah Toyota, Perusahaan Mobil yang Berawal dari Mesin Tenun


Naviri Magazine - Salah satu merek otomotif terkenal dari Jepang adalah Toyota. Bersama Suzuki dan Yamaha, Toyota bersaing di pasar otomotif dengan aneka kendaraan bermotor. Saat ini, di jalanan mana pun bisa ditemukan mobil-mobil produksi Toyota. Namun, siapa sangka kalau perusahaan otomotif ternama ini justru berawal dari mesin tenun?

Awal pendirian Toyota adalah gagasan dari seorang insinyur Jepang, Sakichi Toyoda, yang membuat mesin tenun mekanik pertama di Jepang pada tahun 1897. Toyoda memperoleh hak paten atas penemuannya, dan pada tahun 1918 ia menciptakan Toyoda Spinning and Weaving, sebuah mesin penggulung benang.

Pada tahun 1926, melalui perusahaannya, Loom Works, ia menciptakan mesin tenun yang diberi nama Toyota Automatic Loom Works. Pada tahun 1927, ia memulai produksi massal mesin tenun Type G terbarunya, dan 25 di antaranya dapat dioperasikan oleh satu pekerja sekaligus. 

Dua tahun kemudian, dia menjual hak paten mesin Type G ke semua negara lain, kecuali Jepang, China, dan Amerika Serikat. Hasil penjualan dari Platt Brothers of Britain seharga 100.000 yen dia berikan kepada anaknya, Kiichiro, yang kemudian mengunakan dana itu untuk melakukan penelitian mobil.

Tahun 1935, divisi mobil yang berada di bawah bendera Loom Works berhasil membuat mobil pertama, yang terdiri dari Chrysler, Ford, Chevrolet. Mereka juga meluncurkan truk pertamanya di tahun yang sama. 

Pada tahun 1937, Toyota Motor Corporation resmi terbentuk, dan memisahkan diri dari Loom Works, untuk fokus pada produksi mobil. Sementara Loom Works tetap dalam bisnis mesin tenun, kompresor AC, dan forklift. Loom Works juga memproduksi mesin-mesin untuk kendaraan Toyota.

Related

Business 6625306029777066889

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item