Di Arab Saudi Tak Ada Tahlilan untuk Orang Meninggal, Ini Alasannya


Orang di  Arab Saudi memiliki ciri tersendiri dalam hal ketika ada orang meninggal dunia. Jika di Indonesia ada tahlilan yang biasanya dilaksanakan selama satu minggu, tidak demikian di Arab Saudi, meskipun saat ada orang yang meninggal mereka datang dan ikut melayat.

Hal itu dibeberkan oleh seorang YouTuber di Arab Saudi, yaitu Sahabat Salam, dalam video yang diunggah pada 2019 silam.

"Kalau di Indonesia kan ketika ada orang yang meninggal maka ada tahlilan, ngaji dan yasinan bersama. Tapi di sini justru dilarang," kata pemilik akun Sahabat Salam.

Di  Arab Saudi tidak melaksanakan tahlilan dan yasinan karena dianggap bidah. "Kata orang di sini dianggap bidah sehingga dilarang," katanya menceritakan.

Orang yang datang dan melayat ke rumah duka berbelasungkawa dan tidak ada  tahlilan. Hanya bercerita atau nongkrong, dan sehabis itu pulang, kadang makan bareng.

"Kita saling menghargai perbedaan satu sama lain karena adat mereka seperti ini," ujarnya.

Mereka (orang Arab Saudi) hanya mengadakan makan bersama. Tradisi seperti ini berlaku selama tiga hari. "Ini merupakan adat dan tradisi orang Arab Saudi ketika ada salah satu keluarga mereka yang meninggal dunia," ungkap Sahabat Salam.

"Biasanya di Indonesia dari hari ke satu sampai ketujuh. Tapi di Arab Saudi hari pertama sampai ketiga," lanjutnya.

Dia pun menjelaskan bahwa ada lampu yang menandakan bahwa ada orang yang meninggal dunia di Arab Saudi. Selain itu, kebiasaan orang Arab Saudi saat melayat orang yang meninggal, menggunakan jalan umum yang diberi karpet.

"Orang melayat dan acara makan bersama memanfaatkan lahan di luar," bebernya.

Pada dasarnya hampir sama dengan di Indonesia, tetapi orang Arab Saudi memanfaatkan lahannya di jalan raya atau gang. Sementara di Indonesia biasanya di rumah langsung, bila tidak muat baru memanfaatkan halaman rumah.

Alman menceritakan bahwa di Arab Saudi, yang namanya melayat hampir sama seperti yang ada di Indonesia. Nanti di jalan diberi karpet dan jalannya ditutup untuk melayat. 

Related

International 8913535527808246792

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item