Hidung Terasa Nyeri Jika Ditekan, Kenapa ya?


Hidung bagian luar yang terasa nyeri saat ditekan mungkin menandakan infeksi kulit sekitar hidung. Penyebab infeksinya bisa karena bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya. 

Beberapa kemungkinan infeksi yang kerap terjadi di area ini adalah jerawat (akne vulgaris), impetigo, folikulitis, Herpes zoster, dan sebagainya. Perlu diperiksa dulu, apakah hanya nyeri yang Anda alami, ataukah disertai keluhan lain, misalnya benjolan, kemerahan, dan sebagainya.

Di samping karena infeksi, nyeri di dekat lubang hidung mungkin juga terjadi karena: Riwayat cidera sekitar hidung; iritasi, misalnya akibat tergaruk, menggosok hidung berlebihan; ginggivitis (radang gusi); gangguan psikosomatis, dan sebagainya.

Apakah nyeri yang terasa cukup hebat? Jika tidak, Anda bisa coba dulu terapkan beberapa langkah berikut untuk mengatasi keluhan Anda:

Jaga kebersihan wajah Anda dengan rajin mencuci wajah 2x sehari menggunakan sabun pembersih yang cocok dengan tipe kulit Anda.

Jangan memegang-megang berlebihan area sekitar hidung yang nyeri. Kompres area yang nyeri dengan air hangat. Batasi penggunaan kosmetika berlebihan di sekitar area yang nyeri.

Apabila keluhan tidak membaik, coba periksakan langsung ke dokter di fasilitas kesehatan terdekat.

Related

Health 982970256937241365

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item