Ini Perbedaan AM dan PM dalam Menunjukkan Waktu


AM dan PM merupakan penggunaan waktu atau format 12 jam yang dipakai oleh Kanada, Australia, Inggris, dan Amerika Serikat. Lantas, apa perbedaan AM dan PM?

AM dan PM merupakan pembagian waktu dari 24 jam yang tersedia dalam sehari. AM berlaku 12 jam pertama, sedangkan PM berlaku di 12 jam kedua.

Mungkin kita sering kali keliru menggunakannya saat ingin menunjukkan waktu. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan AM dan PM.

Arti AM dan PM

AM memiliki kepanjangan ante meridiem dalam bahasa Latin, atau before midday dalam bahasa Inggris. AM berlaku untuk jam 12.00 malam hingga 11.59 siang.

PM memiliki kepanjangan post meridiem dalam Bahasa Latin atau after mid day dalam Bahasa Inggris. PM berlaku untuk 12.00 siang hingga 11.59 malam.

Sejarah AM dan PM

Penggunaan AM dan PM diperkirakan berasal dari Mesir Kuno pada 1.500 SM dengan ditemukannya jam matahari. Penduduk Mesir membagi hari menjadi 24 bagian atau jam.

Jam matahari bekerja dengan menggunakan posisi matahari untuk menentukan waktu. Karena jam matahari tidak bekerja di tengah malam, maka terciptalah sebutan AM atau sebelum siang dan PM atau sore.

Meridiem diartikan sebagai pusat, yaitu di angka 12. Oleh sebab itu, pergantian AM dan PM terjadi saat waktu menunjukkan angka 12. Selain itu, penduduk Mesir Kuno juga beranggapan siang dan malam memiliki panjang yang sama.

Meski telah ada selama lebih dari tiga ribu tahun, istilah AM dan PM menyebar ke negara berbahasa Inggris sekitar abad ke-17.

Contoh AM dan PM

Jika kamu ingin menjelaskan waktu di pagi hari, kamu bisa menuliskan 6 AM. Namun jika ingin menerangkan sore hari bisa ditulis dengan 6 PM. Penulisan AM bisa dilakukan seperti am, a.m., AM atau A.M., sedangkan untuk PM bisa seperti pm, p.m., PM atau P.M.

Variasi Modern

Kini penggunaan AM dan PM sudah memasuki variasi modern. Penyebutan jam akan meneruskan angka 12, dan dinyatakan menggunakan nomenklatur PM. Contohnya, jam 1 siang atau 1 PM akan disebut 13.00 dan jam 7 PM menjadi 19.00.

Saat AM dan PM dihilangkan, penyebutannya akan menjadi in the morning, in the afternoon, dan at night. Penyebutan ini sering digunakan dalam komunikasi lisan dan tertulis tidak resmi.

Ekspresi waktu tidak boleh dihilangkan dalam penyebutannya, karena akan menimbulkan ambiguitas. Contoh, seseorang menyebutkan 8 o'clock yang menjadi ambigu karena bisa menjadi 8 AM atau 8 PM.

Related

Science 5283865884943983147

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item