Ada Perumahan Elite Tak Berpenghuni di Jakarta, Apa yang Terjadi?


Di tengah ramainya kota Jakarta, tersimpan sebuah komplek mewah tanpa penghuni. Komplek ini terlihat sudah lama ditinggalkan, dengan kondisi rumah yang sangat terbengkalai dan tak layak huni.

Komplek mewah yang sudah lama ditinggal mati ini berada tepat di dalam kawasan industri JIEP (Jakarta Industrial Estate Pulogadung). Tepatnya berada di Jl. Pulosidi, Pulogadung, Jakarta Timur.

Berdasarkan penelusuran di lokasi, Selasa (1/8/2023), komplek ini berisi rumah-rumah terbengkalai yang sudah rusak dan tak layak huni. Suasana perumahan ini nampak sangat mencekam bak di film-film horor.

Berdiri tepat di depan komplek mati ini, terdapat sebuah bangunan yang diduga bekas pos penjaga. Di atas bangunan bekas pos jaga ini terdapat tulisan 'JIEP' yang sudah tidak lengkap. Penampakan luar komplek ini menunjukkan bagaimana kawasan ini sudah lama ditinggal. Bahkan komplek ini terlihat sangat kosong, tidak ada orang maupun penjaga.

Dari luar komplek langsung terlihat rumah-rumah terbengkalai yang sudah usang. Sekilas, kawasan perumahan ini lebih banyak ditumbuhi tanaman liar dan ranting-ranting kayu daripada rumah.

Menelusuri lebih dalam, jalan di komplek ini nampak terbuat dari konblok yang tersusun dengan sangat rapih. Namun di sepanjang jalan-jalan yang ada di bekas perumahan mewah ini dipenuhi tanaman liar.

Bahkan di beberapa titik terdapat pohon jatuh yang menghalangi akses jalan di komplek ini. Tanaman-tanaman liar ini juga banyak tumbuh menutupi akses rumah-rumah yang ada di sini. Alih-alih berada di sebuah komplek perumahan, suasana ini membuat para pendatang berada di tengah hutan kota.

Semakin masuk ke dalam kawasan komplek mati terlihat rumah-rumah bergaya modern minimalis dua lantai berjejer. Semua rumah yang ada di komplek ini terlihat memiliki tipe yang sama dengan warna serupa, yakni kuning cerah.

Rumah ini termasuk ke dalam rumah mewah, berbeda dengan perumahan subsidi yang biasanya terdiri dari satu lantai dengan luas tanah 60 meter persegi. Sebagian besar rumah-rumah kosong di sini hanya tersisa tembok tanpa atap. Namun pada beberapa rumah terlihat masih memiliki atap walaupun sudah banyak yang rusak.

Selain itu rumah-rumah ini sudah tidak memiliki pintu atau jendela. Bagian dalam rumah ini juga kosong dan hanya berisi puing-puing. Plafon rumah ini juga sudah sangat rusak dan hanya terlihat rangka-rangka besi.

Related

Property 6507062705248464826

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item