Honda Vario dan Beat Gampang Dicuri, Menurut Polisi


Kapolsek Tambora, Komisaris Putra Pratama, mengatakan sepeda motor Honda Beat, Vario, Scoopy yang menggunakan Secure Key Shutter (SKS) punya sistem keamanan lemah. Motor-motor tersebut masih gampang untuk dicuri.

Menurut Putra, sistem keamanan model penutup bermagnet tidak mampu menghindari aksi pencurian. Sistem ini bisa dibobol dalam hitungan detik.

"Fitur keamanan motor dengan tutup lubang kunci menjadi tidak berguna karena sangat mudah dibuka dengan bantuan alat biasa berupa magnet yang dijual bebas," ucap Putra.

Pabrikan roda dua diminta untuk memperbaiki fitur keamanan sepeda motor yang diproduksi dan dijual ke masyarakat.

"Setiap kelemahan security system yang ditemukan oleh penjahat pada sepeda motor yang mereka produksi, maka mereka harus melakukan perbaikan secara terus menerus atau menjadi sebuah siklus perbaikan yang terus menerus," kata dia.

Ahmad Muhibbuddin GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) menyikapi pernyataan polisi. Muhib menilai pihaknya telah meng-update fitur kunci pengaman motor-motor yang dijual saat ini.

"Sepeda motor Honda sebenarnya telah dilengkapi beragam fitur keamanan yang disebut Secure Key Shutter. Teknologinya pun terus di-update. Pada beberapa model motor, telah diaplikasikan teknologi terbaru seperti fitur keyless, smart key, maupun terkoneksi alarm antimaling," kata Ahmad Muhibbuddin GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM).

Menurut Muhib, perusahaan sepeda motor seperti Honda terus berinovasi untuk mencegah aksi pencurian motor, bertujuan untuk menyulitkan para pelaku.

"Tidak menutup kemungkinan hal ini akan terus dikembangkan di masa mendatang," katanya.

Muhib menjelaskan maraknya aksi pencurian sepeda motor saat ini juga harus diwaspadai pemilik roda dua dengan cara menggandakan kunci pengaman. Sebab pencuri selalu mempunyai cara dalam melakukan aksinya.

"Namun, para pemiliknya juga harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga sepeda motornya. Tempat parkir dipastikan aman dan tidak meninggalkan kunci pada motor," kata dia.

Related

News 7159294120728689186

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item