Ikan Lele Raksasa Tertangkap, Ukurannya Seberat Sapi Kurban


Raut wajah seorang pemancing di Thailand langsung sumringah ketika melihat hasil tangkapannya. Bagaimana tidak, seekor ikan lele raksasa berhasil didapat. Pemancing yang dimaksud bernama Somchai Boontong. Jadi ceritanya dia mengikuti kompetisi mancing untuk penggalangan dana.

Lomba diadakan 21 Agustus lalu, di sebuah danau di Provinsi Udon Thani. Ketika strike, Somchai merasakan tarikan yang cukup berat. Dia tak menyangka ada mahkluk besar yang memakan umpannya. Setelah berusaha keras, akhirnya ikan tersebut bisa ditarik ke permukaan.

Ketika diangkat, seketika semua orang geleng-geleng karena tak percaya. Somchai mendapatkan ikan lele raksasa mekoong. Saat diukur panjangnya hampir dua meter. Sementara beratnya mencapai 299 kilogram, ukurannya seberat sapi kurban.

Para pedagang ikan kemudian saling berebut untuk membeli ikan tersebut, sebab harga dagingnya sekitar 100 THB (Rp 43 ribu) per kilogram. Namun, Somchai memutuskan untuk menjualnya kepada tim penggalangan dana yang membeli ikan raksasa tersebut seharga 20.000 THB (Rp 8,7 juta) dan melepaskannya kembali ke habitat aslinya.

Dinas perikanan setempat membantu mengangkut ikan lele tersebut ke kolam di kuil Wat Nong Ruea Klon. Staf memantaunya selama satu jam untuk memastikan ia menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Ikan lele raksasa Mekong terdaftar sebagai 'sangat terancam punah' di bawah Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam. Penangkapan ikan yang berlebihan, hilangnya habitat, dan pembendungan Sungai Mekong disebut-sebut sebagai ancaman terhadap populasinya, demikian dikutip News-Journal.

Related

World's Fact 1037785668486859828

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item