Bansos Beras 10 Kg Kembali Dibagikan Setelah Pemilu


Pemerintah kembali melanjutkan pembagian bantuan sosial (bansos) pangan berupa 10 kilogram (kg) beras mulai Kamis (15/2) ini, setelah tertunda pada 8 -14 Februari karena pemilu.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bantuan pangan berupa beras disalurkan kepada 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Ini bentuk kehadiran negara yang memerhatikan rakyat, sehingga bantuan ini terus dilakukan dan perlu dicatat bahwa ini tidak berkaitan dengan politik. Pilpres selesai pun kita masih akan terus membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang sangat membutuhkan," ungkap Arief dalam keterangan tertulis.

Arief merinci bansos beras yang disalurkan sebelum diberhentikan sementara telah mencapai 185 ribu ton dari target penyaluran pada dua bulan pertama 2024 sebanyak 440 ribu ton.

"Saya mengajak kita semua, baik kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, asosiasi dan komunitas, serta masyarakat luas, mendukung upaya penyaluran bantuan pangan beras ini sehingga bisa berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua," pungkasnya.

Arief sebelumnya mendampingi Presiden Jokowi mengecek langsung stok beras ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi membantah bahwa kenaikan harga beras dipengaruhi oleh gelontoran bantuan pangan beras.

"Tidak ada hubungannya sama sekali dengan bantuan pangan beras, karena justru ini yang bisa mengendalikan, karena suplainya lewat bantuan tersebut ke masyarakat. Justru itu menahan harga agar tidak naik, kalau tidak, justru melompat. Ini hukum supply demand," ungkapnya.

Jokowi pun meminta Bulog terus menyuplai beras untuk memenuhi pasar. Dengan suplai yang meningkat seiring dengan mulainya panen raya, katanya, maka harga beras di pasar akan melandai.

"Pokoknya pasar minta berapapun beri, daerah minta berapapun beri, baik yang beras SPHP maupun beras komersil," kata Jokowi.

Related

News 9010006832153385226

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item