Mobil Hybrid Ternyata Lebih Laris dari Mobil Listrik, Kenapa?


Penjualan mobil elektrifikasi mengalami pertumbuhan di Indonesia. Faktanya mobil hybrid penjualannya lebih besar daripada mobil listrik. Kenapa demikian?

Mobil hybrid diketahui tidak mendapat subsidi tambahan seperti mobil listrik dari pemerintah Indonesia. Misalnya mobil listrik yang sudah memiliki tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) di atas 40 persen diberikan insentif PPN sebesar 10 persen, sehingga konsumen hanya membayar PPN satu persen.

Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, menjelaskan seiring perkembangan, penjualan mobil elektrifikasi mulai diterima di Indonesia. Khususnya penjualan mobil hybrid, yang terus bertumbuh, bahkan angkanya mengalahkan penjualan mobil listrik.

"Mobil listrik tahun lalu penjualan itu tembus 17 ribu unit. Padahal kalau kita lihat di 2021 tidak sampai 300 unit. 2022 ternyata mampu meningkatkan penjualan di 10 ribu unit," ujar Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo, di sela diskusi bertema 'Memproyeksi Pasar Otomotif 2024' bersama Forwot, Selasa (16/1/2024).

Sedangkan di 2023, penjualan mobil listrik dan hybrid terlihat berbanding jauh. Hybrid menguasai pasar sebanyak 5,4 persen, sedangkan mobil listrik 1,7 persen.

"Hybrid dan listrik sama-sama 10 ribu unit di 2022. Di 2023 saat mobil listrik tembus 17 ribu unit, hybrid justru tembus 54 ribu unit. Ini tampaknya menjawab pertanyaan masyarakat akan kendaraan elektrifikasi. Karena mobil listrik bukanlah first time buyers," jelas Kukuh.

Lantas mengapa mobil hybrid mulai diminati ketimbang mobil listrik? Kukuh menyebutkan mobil hybrid beragam modelnya, dan harganya mepet-mepet dengan mobil internal combustion engine (ICE).

"Hybrid hemat bahan bakar dan ada pilihan varian 7 seater. Sedangkan mobil listrik juga mengalami kenaikan, namun pilihannya (mobil termurah) masih mobil kecil," ujar Kukuh.

Berdasarkan pemaparan Kukuh, penjualan mobil mencapai 1.005.802 unit di sepanjang 2023 atau turun 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 1.048.040 unit.

Related

Automotive 4755729133028895320

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item