Tiga Wanita Tertangkap Saat Coblos Puluhan Sisa Surat Suara di TPS


Bawaslu Maluku Utara tengah menyelidiki dugaan pencoblosan surat suara sisa di dua TPS di Desa Akelamo, Cinga-cinga, Halmahera Barat. Kejadian ini terungkap saat tiga orang wanita kedapatan mencoblos 30 surat suara di dua TPS.

Anggota Bawaslu Maluku Utara, Rusly Saraha, mengatakan, "Diduga ada keterlibatan KPPS dalam aksi ini, serta pembiaran oleh pihak Panwas setempat."

Dugaan pencoblosan surat sisa ini terjadi pada hari pemungutan suara, Rabu 14 Februari 2024.

"Saat ini, Bawaslu Kabupaten Halmahera Barat sedang melakukan penggalian informasi lebih lanjut," ujar Rulsy, Jumat, 16 Februari 2024. "Nanti untuk proses penanganan pelanggarannya seperti apa, kita akan menunggu informasi dari Bawaslu Halmahera Barat." 

Sementara ini, diketahui bahwa tiga orang wanita yang terlibat dalam aksi tersebut telah diamankan. Bawaslu mengimbau kepada masyarakat untuk terus mengawasi jalannya Pilkada 2024 dan melaporkan jika menemukan kecurangan.

Kecurangan ini menambah daftar panjang temuan kasus serupa yang marak di-upload di media sosial. Salah satu yang sempat viral terjadi di TPS 53, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Dalam model C tertulis data paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 105 suara. Kemudian paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendapat 111 suara. Selanjutnya paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 13 suara.

Namun di data sirekap KPU yang diakses pada Kamis, 15 Februari 2024, pukul 14.24 WIB tercantum paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 105 suara. Sama dengan Model C. Paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendapat 161 suara. Lebih banyak 50 suara dari Model C. Paslon 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 12 suara, berkurang 1 suara dari Model C.

Perbedaan data ini tentunya menimbulkan kekhawatiran, suara paslon tertentu bisa dipermainkan.

Namun dari pengamatan, perbedaan data ini akhirnya diklarifikasi oleh KPU dengan membetulkan data perolehan suara seperti yang tercantum di formulir Model C.

Related

News 1715740655488435774

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item