Viral Kasus Dugaan Penipuan Singgih Sahara Lewat KitaBisa


Viral di Twitter kasus dugaan penipuan Singgih Shahara lewat galang dana di platform Kitabisa.com. Singgih Shahara diduga menyalahgunakan uang hasil galang dana untuk biaya ibu dan anaknya. Dugaan penipuan Singgih Shahara ini diungkap oleh akun centang biru @zoelfick.

Singgih Sahara diketahui membuat penggalangan dana untuk membantu ibu dan anaknya. Sang ibu mengidap gagal ginjal, sementara anaknya mengalami keterlambatan dalam perkembangan bicara (speech delay).

Tak hanya membuat galang dana melalui platform kitabisa.com, Singgih Shahara juga aktif mengirim chat-chat untuk meminta transfer uang bantuan ke akun-akun besar di X sejak tahun 2022.

Kejanggalan dugaan penipuan Singgih Shahara juga diungkap oleh akun @zoelfick, bahwa Singgih membuka dua akun galang dana yang berbeda.

"Ini saja sdh dua bukti, ybs open donasi di @kitabisacom, lewat dua campaign dgn nominal lbh dari 80 juta. Sementara, pengobatan itu sdh ditanggung BPJS. Silakan Anda bela saja dulu aksi pelaku ini semasih bisa Anda, Bung. Sekali lagi hati², ini terkait dana banyak orang," cuit akun tersebut.

“Setelah ditelusuri, akun singgihsahara ini terindikasi melakukan aksi menjurus ke penipuan hingga puluhan juta rupiah. Ia menggunakan kitabisacom untuk melancarkan kegiatannya, termasuk dgn gerilya mengirim DM ke berbagai akun X,” tambah @zoelfick.

Tidak hanya itu, akun Zulfikar Akbar juga mengungkapkan bahwa Singgih Sahara sebelumnya pernah menerima bantuan dari Aksi Insan Mulia Semarang untuk pengobatan ibunya. Namun, terungkap bahwa Singgih juga telah menggunakan BPJS untuk memenuhi kebutuhan pengobatan tersebut.

Terdapat netizen yang menyatakan bahwa ia merupakan salah satu anggota Stand Up Semarang. Lebih lanjut, kini tak sedikit warganet yang diketahui telah mengirim dana ke Singgih Shahara.

Warganet geram terhadap tak ada transparansi pengeluaran dana yang telah Singgih pakai untuk pengobatan ibunya. Terlebih lagi, terdapat warganet yang mengungkap jika Singgih Shahara memberikan alamat yang berbeda-beda.

"Laporan terbaru ke saya, beliau memberikan alamat beda beda. Dan ternyata engga ngontrak, tapi rumah pribadi. Iki sing bener ki piye mas @singgihshahara?" cuit akun @bangwild**. 

Netizen lain juga menyatakan kejanggalan lainnya yakni bukti pembayaran pengobatan Singgih Shahara yang tak kunjung ada pembaharuan.

"Mas, kalo mau nipu diedit dulu tanggalnya. minta2 tapi pembayarannya bulan agustus 2023 mulu yg dikeluarin," ungkap akun X @ichans***.

Selain itu, akun @capekhaya** juga membongkar kejanggalan dugaan penipuan berkedok galang dana oleh Singgih Shahara.

“Jangan bodoh-bodohin orang deh. uang 48 juta masa masih belum cukup? ada 5 juta belum dicairkan, tapi kok masih minta 2 juta lagi? belum lagi anda udah terima banyak donasi dari warga twitter,” cuitnya.

Singgih Shahara klarifikasi

Akibat dugaan penipuan yang dilakukannya, Singgih Shahara buka suara dan klarifikasi bahwa ia tidak memakai uang galang dana tersebut untuk kebutuhan pribadinya.

"Halo semuanya saya Singgih Shahara ingin melakukan klarifikasi. Sebelumnya saya minta maaf atas kegaduhan yang terjadi di Twiitter karena penggalangan dana saya. Dana yang terkumpul saya gunakan untuk keperluan obat, dan penunjang perawatan ibu dan anak saya. dan juga untuk membayar kontrakan,” tulisnya di akun @singgihsahara.

"Saya minta maaf saya tidak melakukan pelaporan dengan transparan. Untuk itu, saya mencoba membuat pelaporan disertai dengan bukti pembayaran pengobatan kepada publik minggu ini," sambungnya.

Menanggapi klarifikasi tersebut, tak sedikit netizen yang ungkapkan kecurigaan lainnya.

"Kerja serabutan, tapi di tweet open donasi terakhir kmrn bilang mau pinjem duit dibalikin nunggu THR? yang bener ajeee serabutan apeeeeee dapet THR. ups km ketahuan boong," tulis @sifatim**.

"Tapi harusnya kalau emng beneran minta donasi untuk ibu nya yg sakit kenapa tagihan kontrakan mas nya dimasukkan ke list pengeluaran donasi? ibu mas nya kan tinggal dirumah sendiri, sedangkan yg ngontrak mas dan anak istri. ini kan udah gajelas arah donasinya," cuit @barrs***.

"Wah, uang donasinya juga buat bayar kontrakan. Tolong dong netizen X, bayarin kosanku jugaaa," tulis @yunanda**

Related

News 7506514733139057328

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item