Menguak Arti Dua Adegan Tambahan di Film Black Panther

Menguak Arti Dua Adegan Tambahan di Film Black Panther

Naviri.Org - Black Panther adalah salah satu tokoh Marvel yang pernah muncul dalam The Avengers. Kini, Black Panther memiliki film tersendiri, dan telah tayang di bioskop. Seperti biasa, film-film Marvel selalu menyuguhkan adegan tambahan, setelah film selesai. Ada film yang memiliki satu adegan tambahan, ada pula yang memiliki dua adegan tambahan.

Fungsi adegan tambahan itu dimaksudkan untuk menyatukan film-film tokoh Marvel yang tergabung dalam semesta Marvel Cinematic Universe (MCU). Ada dua adegan tambahan dalam film Black Panther.

Pertama, setelah selesainya kredit pemain utama yang diiringi lagu "All The Stars" dari Kendrick Lamar & SZA. Adegan tambahan kedua muncul setelah selesainya kredit para kru dan pihak-pihak terlibat.

Adegan tambahan pertama memperlihatkan Raja T'Challa alias Black Panther (Chadwick Boseman) sedang berada dalam sidang PBB. Setelah permasalahan di Wakanda selesai, sang raja memutuskan untuk berbagi ilmu dan teknologi dari negerinya, sehingga planet Bumi menjadi tempat yang lebih baik.

"Orang bijak membangun jembatan, sementara orang bodoh membuat tembok pertahanan," ujar T'Challa.

Para perwakilan PBB pun menunjukkan wajah skeptis. Salah satu menyatakan, "Maaf Yang Mulia, tapi apa yang bisa ditawarkan oleh sebuah negara petani pada dunia?"

Mendengar pertanyaan yang merendahkan itu, T'Challa hanya tersenyum. Selama ribuan tahun, Wakanda disembunyikan dari dunia luar. Negara lain memandang Wakanda sebagai negara dunia ketiga, laiknya negeri Afrika lainnya yang masih dilanda kemiskinan.

Padahal, di balik tabir yang menutupi Wakanda, ada teknologi yang sangat canggih seperti gedung pencakar langit, proses penyembuhan pasien secara kilat, kereta super cepat, mobil terbang, hingga pengendalian kendaraan dari jarak jauh. Semua itu dimungkinkan karena sebuah bahan langka bernama Vibranium, salah satu benda yang menjadi material perisai Captain America (Chris Evans).

Jika adegan tambahan pertama masih berbau politik, seperti yang terasa sepanjang film, adegan kedua mendekatkan Black Panther ke dalam semesta MCU.

Anak-anak Wakanda tertawa cekikikan. Mereka menggoda seorang lelaki berlengan satu dan berambut panjang. Dialah Bucky Barnes alias Winter Soldier (Sebastian Stan). Ia lantas menjumpai Shuri (Letitia Wright) dan mengucapkan terima kasih.

Mengapa Bucky ada di Wakanda? Ini berhubungan dengan apa yang terjadi dalam film Captain America: Civil War (2017).

Bucky, yang otaknya rusak karena program Winter Soldier selama berpuluh-puluh tahun, mengasingkan diri ke Wakanda. Ia memutuskan untuk tidur panjang alias "dimatikan" sementara, sebelum otaknya sembuh.

Sebagai ilmuwan nomor satu di Wakanda, Shuri rupanya sudah menemukan obat untuk otak Bucky. Itulah sebabnya Bucky mengucapkan terima kasih pada adik sang raja.

Dengan adegan ini, sang Winter Soldier kemungkinan muncul dalam film Avengers: Infinity War tanpa harus dijelaskan lagi mengapa ia tiba-tiba bangun dari tidur panjang. Namun itu cukup jelas. Yang misterius adalah ketika anak-anak Wakanda memanggil Bucky dengan sebutan White Wolf (Serigala Putih).

Dilansir dari Polygon, dalam komik Marvel, White Wolf adalah Hunter—kakak tiri T'Challa. Alkisah ada sebuah pesawat kecelakaan dan jatuh ke belantara Wakanda. Yang selamat hanya seorang bayi berkulit putih. Ayah T'Challa, mendiang Raja T'Chaka, mengangkat bocah ini sebagai anak.

Meski bukan pribumi Wakanda, Hunter tumbuh menjadi orang berjiwa patriot terhadap negeri tertutup itu. Raja T'Chaka bahkan mengangkatnya sebagai pemimpin Hatut Zeraze, yang berarti War Dogs, pasukan spesial dan rahasia milik Wakanda. Dalam film Black Panther, salah satu anggota Hatut Zeraze adalah Nakia (Lupita Nyong'o).

Dari segi kemampuan tempur, White Wolf cocok dengan Bucky—seorang tentara Amerika zaman Perang Dunia II yang mengalami kecelakaan dan dicuci otak oleh organisasi jahat Hydra, untuk menjadi agen pembunuh dengan kode nama Winter Soldier.

Soal White Wolf ini mungkin bakal lebih terungkap dalam Avengers: Infinity War yang tayang di Amerika Serikat mulai tanggal 4 Mei 2018. Selain T'Challa dan Winter Soldier, karakter film Black Panther lain yang juga akan muncul dalam Infinity War adalah Nakia, Shuri, dan Okoye (Danai Gurira).

Baca juga: Resensi Film Black Phanter, Superhero dari Wakanda

Related

Film 4590554865860804669

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item