4 Tahun Lagi, Bumi Diperkirakan Menjadi Neraka Dunia

4 Tahun Lagi, Bumi Diperkirakan Menjadi Neraka Dunia

Naviri Magazine - Mungkin agak berlebihan jika menggunakan istilah ‘neraka dunia’. Namun, kira-kira seperti itulah prediksi para peneliti, terkait suhu bumi dalam beberapa tahun mendatang. Dimulai sejak sekarang, suhu bumi terus meningkat. Namun, dari tahun ke tahun, suhu itu akan terus meningkat, hingga para peneliti memperkirakan akan terjadi panas yang amat sangat di bumi, dalam empat tahun mendatang.

Pada musim panas tahun ini, hampir semua orang di dunia mengalami panas menyengat. Di Amerika Utara, suhu yang ekstra hangat itu diikuti oleh cuaca kering berkepanjangan yang berbahaya bagi kondisi alam liar.

Kebakaran juga terjadi di Lingkaran Arktika, akibat gelombang panas terparah sepanjang sejarah. 

Namun, menurut peneliti, suhu di musim panas 2018 tidak ada apa-apanya jika dibandingkan prediksi empat tahun mendatang. Studi terbaru menyatakan bahwa iklim empat tahun ke depan bisa menjadi lebih panas dan melebihi batas normal.

Para peneliti dari French National Center for Scientific Research (CNRS), University of Southampton, dan Royal Netherlands Meteorological Institute, menciptakan sistem baru untuk memprediksi skenario iklim yang berbeda dari metode simulasi tradisional.

Metode baru ini juga dapat menghitung simulasi hanya dalam seperseratus detik di laptop, sementara pemodelan lainnya memakan waktu hingga satu minggu untuk mendapatkan hasilnya.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal Nature ini menunjukkan bahwa secara global, suhu akan sangat panas sepanjang 2018 hingga 2022.

Sistem tersebut memprediksikan bahwa dalam beberapa tahun lagi, frekuensi suhu dingin akan menurun secara signifikan, dan badai tropis meningkat.

Menurut para peneliti, metode mereka cukup akurat dan bisa diandalkan. Meski begitu, apa yang terjadi di masa depan mungkin bisa lebih parah dari perkiraan sebelumnya, tergantung pada emisi karbon dari aktivitas manusia.

Mereka berencana untuk menyempurnakan metode statistiknya, agar bisa membuat prediksi regional dan mampu memerkirakan tingkat curah hujan di masa depan.

Baca juga: Memahami Litosfer, Astenosfer, dan Proses Epirogenesis

Related

Science 4567745993759553230

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item