Proses Menakjubkan Lahirnya Bayi Ikan Mamalia di Laut

Proses Menakjubkan Lahirnya Bayi Ikan Mamalia di Laut

Naviri Magazine - Karena mamalia bernapas dengan paru-paru, dan bukan dengan insang seperti umumnya ikan bukan mamalia, maka ikan mamalia pun mempersiapkan kelahiran bayinya dengan sangat baik.

Pada waktu akan melahirkan, setiap mamalia membutuhkan banyak oksigen. Begitu pula ikan mamalia. Ketika paus akan melahirkan, misalnya, mereka akan menuju ke perairan dangkal, untuk memudahkan mengambil napas.

Kemudian, bayi paus terlahir dengan ekor terlebih dulu, agar tidak tenggelam. Setelah lahir, bayi paus mengikuti naluri untuk berenang ke permukaan, untuk bernapas.

Pada beberapa spesies, si bayi akan dibantu induknya untuk muncul ke permukaan, dengan cara mendorong menggunakan mulutnya.

Lumba-lumba juga memiliki teknik tak jauh beda dengan paus ketika akan melahirkan bayinya. Pada lumba-lumba, biasanya beberapa lumba-lumba betina lainnya akan membantu mendorong bayi lumba-lumba yang baru lahir naik ke permukaan untuk bernapas.

Baca juga: Tardigrada, Hewan Kecil Paling Tangguh di Dunia

Related

Science 3188538712264806093

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item