Mengapa Hiu Terus Bergerak dan Tak Pernah Diam?

Mengapa Hiu Terus Bergerak dan Tak Pernah Diam?

Naviri Magazine - Di laut, hiu terus bergerak dan bergerak, tak pernah diam. Jika hiu diam—tak bergerak di dalam air—maka ia akan tenggelam.

Ikan pada umumnya memiliki organ khusus yang disebut kantung kemih renang, yang membantu mereka mengapung. Dengan organ khusus itu, kebanyakan ikan tidak tenggelam meski mereka diam di dalam air.

Hiu tidak memiliki kantung kemih renang tersebut, sehingga ia harus terus bergerak atau berenang, agar tidak tenggelam. Selain itu, bergerak ke depan juga membantu hiu menjaga persediaan udara yang didapatnya dari air laut—yang kaya oksigen—yang mengalir di antara insang-insangnya, yang membantunya untuk bernapas.

Apa yang membuat hiu menggigit hiu lain?

Ketika mencium bau darah, nafsu makan hiu akan bangkit, membuat mereka bergairah, bahkan kadang menggila.

Ketika mangsa yang diperoleh dianggap kurang memuaskan, sekelompok hiu yang sedang bernafsu itu akan mulai menggigit satu sama lain dengan liar, kadang sampai mencabik-cabik salah satu dari mereka, demi memuaskan nafsu makan yang sedang menggila.

Baca juga: Lobster Berduri, Hewan yang Punya Waktu Liburan

Related

Science 8713426011183600898

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item