Penemuan Ikan Aneh dengan Kepala Tembus Pandang

Penemuan Ikan Aneh dengan Kepala Tembus Pandang

Naviri Magazine - Penemuan hewan-hewan baru kerap terjadi, baik di darat maupun di air. Belakangan, ada penemuan baru terkait seekor ikan yang memiliki bentuk kepala aneh, karena transparan atau tembus pandang. Spesies ikan itu memiliki nama Macropinna microstoma.

Seperti dilansir Odditycentral, ikan yang ditemukan di Central Coast, California, oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MABRI) itu memang memiliki kepala transparan dan hanya terisi cairan bening.

Sedangkan dua tonjolan berwarna hijau di dalam kepalanya merupakan mata yang digunakan ikan itu untuk berburu mangsa.

Mata yang besar tersebut digunakan ikan yang juga dikenal dengan nama Barreleye itu untuk memburu mangsa berupa plankton, dan juga untuk mendapatkan visualisasi maksimal di habitatnya yang berada di laut dalam, dengan kedalaman 2.000 hingga 2.600 kaki di bawah permukaan laut.

Spesies ini sebenarnya pernah ditemukan pada tahun 1939, namun ketika itu sudah dalam keadaan mati dan ikut terangkat di jaring nelayan. Dengan adanya penemuan baru ini, bisa diketahui bagaimana ikan Macropinna microstoma hidup di habitat aslinya.

Baca juga: Candiru, Ikan Monster Paling Mematikan di Brazil

Related

Science 3842755545581123725

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item