Misteri Penampakan Crop Circle, dari Jerman Sampai Yogyakarta

Misteri Penampakan Crop Circle, dari Jerman Sampai Yogyakarta

Naviri Magazine - Crop circle adalah istilah untuk menyebut fenomena aneh yang muncul tiba-tiba di hamparan ladang atau sawah. Fenomena aneh itu berupa “ukiran” yang menempel pada tanah ladang atau sawah, umumnya berbentuk lingkaran yang simetris. Ukurannya bisa beragam, dari yang kecil sampai yang besar, bahkan sangat besar. Meski sudah berkali-kali muncul, fenomena crop circle masih menjadi misteri.

Suatu hari, sebuah bentangan crop circle atau pola lingkaran simetris berdiameter 180 meter di ladang jagung di Kota Munich, Jerman, muncul tiba-tiba. Publik berbondong-bondong menyaksikan fenomena itu. Penampakan crop circle bukan barang baru di Jerman, tapi tetap saja masyarakat di negara termaju ini masih penasaran dengan crop circle.

Peristiwa ini mengingatkan hal serupa, yang pernah terjadi di Indonesia. Ribuan orang berdatangan ingin tahu fakta langka ini. Setidaknya, dalam setahun ditemukan dua lokasi crop circle di Sleman, Yogyakarta.

Lokasi pertama ditemukan pada Januari 2011 di Dusun Rejosari, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah. Lokasi kedua ditemukan crop circle berbentuk menyerupai telapak kaki besar di Dusun Mlandangan, Desa Minomartani, Kecamatan Ngaglik. Keduanya jadi lokasi wisata dadakan bagi warga.

Pada waktu itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menegaskan bahwa crop circle yang ditemukan di Sleman bukan jejak unidentification flying object atau UFO, melainkan buatan manusia. LAPAN menegaskan pola-pola crop circle banyak ditemukan di Eropa dan beberapa negara lain.

Keberadaan crop circle menuai pro kontra. Ada yang menganggapnya buatan manusia, tapi tak sedikit yang mempercayainya sebagai buatan “tangan lain" di luar manusia, termasuk campur tangan alam.

Crop circle selalu menuai pertanyaan besar setiap kemunculannya. Ia juga melahirkan sebuah “ilmu” bernama cereology. Pegiatnya biasanya disebut cereologists atau “croppies”. Fenomena ini juga menginspirasi pembuatan film “Signs” pada 2002 yang dibintangi Mel Gibson.

Baca juga: Misteri Orang-orang Aneh yang Hidup di Dasar Laut

Related

World's Fact 8110163493539271966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item