Film-film Menegangkan Tentang Putaran Waktu (Time-Loop)

 Film-film Menegangkan Tentang Putaran Waktu (Time-Loop)

Naviri Magazine - Tema cerita yang cukup sering diangkat dan dieksplorasi dalam film adalah putaran waktu atau time loop. Tema cerita ini biasanya menjebak seseorang atau beberapa orang untuk berputar-putar di waktu yang sama. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari karena menggunakan mesin waktu, karena pengaruh alien, atau yang lain.

Time loop menarik diangkat ke film, karena membuat penonton membayangkan, apa jadinya jika kita terjebak dalam satu waktu yang sama berulang-ulang, dan tidak bisa keluar dari sana?

Berikut ini adalah daftar film bagus dan menegangkan yang berkisah tentang putaran waktu, alias satu waktu yang berulang-ulang dengan berbagai konflik yang unik.

Edge of Tomorrow (2014)

Di masa depan, Bumi telah dikuasai oleh alien, dan manusia hampir punah. Terciptalah sebuah senjata khusus yang dapat digunakan untuk membasmi dan memburu para alien.

Suatu ketika, ada seorang prajurit bernama Cage, yang terpaksa terjun ke peperangan, padahal ia tak punya kemampuan sama sekali. Alhasil, dia meninggal dalam hitungan menit.

Anehnya, setelah meninggal, Cage terbangun kembali, tepat sebelum perang itu dimulai. Dari situ, Cage mulai mengulang waktu di hari yang sama setiap kali ia meninggal. Dengan kemampuannya yang misterius itu, Cage harus mencari cara untuk memenangkan peperangan, dan keluar dari putaran waktu.

Groundhog Day (1993)

Phill Connors adalah reporter pembawa acara cuaca. Ia orang yang sangat menyebalkan, karena sangat sombong, cuek, dan suka menyakiti hati orang lain.

Suatu ketika, Phill pergi ke Punxsutawney untuk menyaksikan acara Groundhog Day (Festival Tupai). Dari awal, Phill sudah ragu dan malas untuk pergi. Mungkin karena Phill menganggap acara itu tidak penting dan aneh.

Benar saja, saat terjadi sebuah kendala, Phill langsung marah tak karuan dan ingin pulang. Namun, saat terdapat badai salju, Phill jadi tak bisa pulang dan harus menginap di sana. Sejak saat itu, terjadi berbagai kejadian aneh yang dialami Phill.

Segala peristiwa yang terjadi di hari kemarin kembali terulang di keesokan harinya. Phill harus mencari tahu apa yang sedang terjadi pada dirinya.

Looper (2012)

Di masa depan, dunia berubah sangat drastis, di mana mesin waktu sudah jadi hal yang biasa. Badan penegak hukum yang baru pun dibentuk untuk mengatasi hal itu. Di sana terdapat sekelompok agen khusus yang bertugas mengeksekusi berbagai orang misterius yang dikirim dari masa depan.

Para agen itu disebut Looper. Tidak diketahui siapa nama orang dari masa depan yang harus dieksekusi, dan kenapa mereka dieksekusi. Tapi yang jelas, Looper tidak boleh melepaskan targetnya.

Suatu ketika, ada seorang Looper bernama Joe, yang tak sengaja melepaskan target eksekusinya. Sejak saat itu, ia menjadi buronan dan harus mencari tahu kebenaran di balik semua itu.

Source Code (2011)

Setelah menjalani sebuah misi militer, Captain Colter terkejut saat terbangun dengan memakai tubuh orang lain. Ia terbangun di sebuah kereta yang terdapat bom di dalamnya.

Ternyata, Colter sedang berada dalam sebuah percobaan atau eksperimen, di mana pikiran Colter dapat berpindah ke tubuh orang lain untuk tujuan tertentu. Ia jadi sangat bingung dan tak tahu tentang apa yang sedang terjadi, karena setiap kali ia mati, Colter akan mengulang waktu.

Namun, Colter punya misi yang lebih penting, yaitu menemukan bom yang ada di dalam kereta, dan menangkap sang pelaku pengeboman dalam waktu 8 menit. Hanya dengan cara itu, Colter bisa bebas dari putaran waktu dan mengetahui kebenaran di balik semua ini.

Triangle (2009)

Jess terdampar di sebuah kapal misterius bersama teman-temannya, saat sedang berlibur. Tak disangka, kapal tersebut menyimpan bahaya tersembunyi.

Dari awal, Jess sudah merasa ada yang aneh dengan kapal itu, seolah dia pernah berada di situ. Kapal yang masih baru tersebut tampak kosong dan sepi, tapi sebenarnya mereka tidak sendirian.

Ternyata, di kapal itu ada seorang pembunuh bertopeng yang berusaha menghabisi mereka satu per satu. Hanya Jess yang mampu mengakhiri teror tersebut.

Timecrimes (2007)

Hector dan istrinya baru pindah rumah. Rumah barunya berada di dekat hutan, tampak damai dan nyaman ditinggali.

Suatu sore, Hector sedang meneropong halaman rumahnya, tak disangka ia melihat seorang wanita telanjang sedang berada di tengah hutan. Karena penasaran, Hector mencoba menghampiri wanita tersebut. Saat itulah, Hector mulai terjebak ke dalam mesin waktu, dan harus melepaskan diri dari dirinya yang lain.

Before I Fall (2017)

Samantha, seorang gadis muda, terjebak dalam satu hari yang berulang-ulang. Seperti putaran waktu yang tak ada hentinya, Samantha harus menemukan cara agar bisa keluar dari hari tersebut.

Kehidupannya yang tampak sempurna tiba-tiba terbalik dan kacau. Samantha mulai mencari tahu misteri dan rahasia dari setiap orang yang ada di dekatnya, dan memutuskan untuk membuat semuanya jadi lebih baik. Tidak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk orang-orang di sekitarnya.

ARQ (2016)

Renton bangun di pagi hari yang mengejutkan, saat ia diculik oleh sekelompok orang tak dikenal. Setelah ditelusuri, ternyata mereka mengincar sebuah program atau alat canggih bernama ARQ, yang dimiliki oleh Renton.

Setelah mengetahui hal tersebut, Renton berusaha untuk menghabisi orang-orang tak dikenal tersebut, dan kabur dari situ. Tapi ia gagal dan harus tewas mengenaskan. Anehnya, setiap kali Renton dibunuh, ia akan kembali ke masa lalu, di mana Renton baru saja bangun dari ranjangnya.

Saat itulah Renton menyadari bahwa ARQ bukan program sembarangan. Kini Renton harus mengulang waktu berkali-kali, hingga ia berhasil menghabisi seluruh penjahat tersebut.

The Butterfly Effect (2004)

Evan Treborn adalah pemuda yang punya masalah aneh dalam hidupnya. Sejak kecil, ia sering kehilangan kesadaran dan ingatan di waktu-waktu tertentu dalam hidupnya.

Evan tak pernah tahu apa yang terjadi saat ia kehilangan kesadaran, karena itu Evan selalu menulis segala aktivitasnya dalam sebuah catatan. Saat sudah tumbuh dewasa, Evan duduk di bangku kuliah, dan sejak itu ia tak pernah mengalami hilang ingatan lagi.

Di suatu siang, Evan mencoba melihat catatan masa kecilnya, saat ia sering mengalami hilang ingatan. Evan mulai mengingat kejadian di masa lalunya, dan secara misterius ia bisa kembali ke masa lalu saat masih kecil. Dari situ, Evan menyadari bahwa dirinya bisa kembali ke masa lalu dengan membaca dan mengingat catatan masa kecilnya.

Primer (2004)

Film ini tidak bisa dinikmati oleh semua orang, karena hanya orang-orang "niat" saja yang mau memahami film ini. Kenapa bisa begitu? Karena film ini sungguh rumit, membingungkan, bahkan membosankan. Banyak yang berkata bahwa film ini hanya bisa dipahami kalau kita sudah menontonnya berulang kali.

Bercerita tentang dua orang sahabat bernama Aaron dan Abe, beserta teman-teman lainnya, yang tengah mengerjakan sebuah proyek ilmiah. Tak jelas apa yang mereka kerjakan, tapi tampak seperti sedang meneliti sesuatu.

Setelah berbagai kegagalan, akhirnya Aaron dan Abe menemukan fakta bahwa mesin yang mereka kerjakan mampu digunakan untuk mengurangi massa sebuah benda. Tapi di balik keberhasilan tersebut, terdapat sesuatu yang aneh. Dan mereka mulai berpikir alat tersebut sebenarnya mesin waktu.

Haunter (2013)

Saat Lisa berulang tahun ke-16, ia menyadari dirinya dan keluarganya terjebak dalam suatu putaran waktu. Setiap kali Lisa bangun dari tidurnya, keluarganya akan melakukan rutinitas yang sama, tanpa mereka sadari.

Lisa, yang mengetahui kejanggalan itu, berusaha untuk menyadarkan keluarganya, tapi percuma. Merasa diacuhkan, akhirnya Lisa memutuskan untuk mengungkap misteri tersebut seorang diri. Rasa penasaran dan tindakan Lisa membuat seorang pria misterius menjadi marah.

Sejak saat itu, semuanya menjadi semakin aneh, di mana ayah Lisa menjadi orang yang temperamental, adiknya selalu berbicara kepada teman imajinasinya, dan Lisa dihantui seorang gadis bernama Olivia.

Happy Death Day (2017)

Tree Gelbman adalah seorang gadis kuliahan yang sedang merayakan ulang tahunnya. Ia tak pernah menyangka kalau hari itu adalah hari ulang tahun terakhirnya. Tree mengalami sebuah tragedi mengerikan, di mana ia terbunuh oleh seseorang.

Anehnya, secara misterius pembunuhan itu terus berulang, dan Tree terus terbunuh dengan cara berbeda-beda. Pembunuhan yang berulang itu hanya bisa berhenti, jika Tree telah menemukan siapa si pembunuh. Apa Tree akan berhasil menemukan pembunuhnya?

Memento (2000)

Seorang pria bernama Leonard mengalami gangguan otak, yang menyebabkan dirinya selalu hilang ingatan. Ingatannya hanya bisa bertahan selama beberapa menit, atau mungkin satu hari saja.

Oleh sebab itu, Leonard selalu mencatat segala sesuatu yang ia kerjakan, bahkan ia mentato seluruh tubuhnya dengan catatan. Di tengah kondisinya yang seperti itu, Leonard harus mencari seorang pembunuh misterius yang telah membunuh istrinya.

Baca juga: Inilah 10 Film Natal Paling Terkenal Sepanjang Masa

Related

Film 2801703104762376583

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item