Misteri Pembakaran Uang Senilai Rp18,5 Miliar di Inggris

Misteri Pembakaran Uang Senilai Rp18,5 Miliar di Inggris

Naviri Magazine - K Foundation (Yayasan K) membakar uang tunai 1 juta poundsterling (sekitar Rp18,5 miliar) pada tanggal 23 Agustus 1994, di pulau Jura, Skotlandia. Yayasan K merupakan yayasan yang didirikan duet artis seni, yang terdiri dari Bill Drummond dan Jimmy Cauty. Bill Drummond dan Jimmy Cauty juga dikenal sebagai grup pop The KLF.

The KLF adalah salah satu band pop yang paling sukses di Inggris, selama awal 1990-an. Single mereka meraih penjualan terbesar di dunia pada 1991. Pada tahun 1992, band ini berhenti rekaman musik, dan membentuk Yayasan K. Antara 1993 dan 1995, mereka menghabiskan uang mereka dalam sejumlah cara, termasuk pada serangkaian iklan pers dan pameran di dunia seni.

Namun, peristiwa yang paling tidak biasa terjadi ketika Yayasan K membakar uang tersebut. Membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk membakar habis uang tersebut. Pasangan ini tidak pernah menjelaskan sepenuhnya motivasi mereka membakar uang.

Pada tahun 1995, kelompok itu mengumumkan bahwa mereka tidak akan menanggapi pertanyaan tentang pembakaran uang tunai yang mereka lakukan.

Pembakaran itu direkam dengan kamera video Hi-8 oleh kolaborator Yayasan K. Pada tahun 1995, rekaman itu dimasukkan dalam sebuah film dokumenter berjudul "Lihatlah Yayasan K Membakar Uang 1 Juta pundsterling".

Sebuah buku tentang kejadian tersebut juga dirilis pada tahun 1997. Buku itu berisi ringkasan film, rentetan peristiwa, dan reaksi penonton, serta gambar sebuah rumah bata yang dibuat dari abu uang itu. Bill Drummond, pada tahun 2004, mengaku kepada BBC bahwa ia menyesal membakar uang tersebut.

Baca juga: Ternyata, Orang Bisa Kecanduan Uang Seperti Kecanduan Obat Terlarang

Related

World's Fact 3002041244595189900

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item