Ini Penyebab Tren Mukbang Bisa Populer dan Digemari di Dunia

Ini Penyebab Tren Mukbang Bisa Populer dan Digemari di Dunia

Naviri Magazine - Di YouTube, kita mungkin pernah mendapati ada video berisi orang yang makan sendirian, namun dengan porsi sangat besar atau banyak. Saking banyaknya, makanan-makanan itu biasanya terhidang semeja penuh. Lalu orang dalam video akan memakan semua makanan tersebut. Video semacam itu sedang populer, dan disebut mukbang.

Selain dianggap kekinian sekaligus mewakili budaya kontemporer, mukbang atau siaran daring di mana host makan banyak makanan sendirian dalam satu waktu, telah menjadi salah satu tren viral yang populer di tahun 2018. Kenapa?

Menukil Quartz, "Mukbang" atau dibaca muck-bahng alias makan banyak, seperti lusinan mangkuk ramen, tumpukan piza, atau ayam, dan sebagainya, merupakan genre populer dari Korea Selatan yang telah menyebar di seluruh dunia.

Kata "Mukbang" berawal dari kombinasi bahasa Korea, muok-da (makan), dan bangsong (siaran).

Mukbang mulai muncul di internet kira-kira tahun 2014, dan pada 2015 mulai menggapai popularitasnya sebagai fenomena lintas benua.

Seorang mukbang profesional, atau biasa disebut BJ (broadcasting jockey), bisa meraup keuntungan sekitar 9-10 ribu dolar sebulan hanya dari “donasi” beberapa akun penggemar. Tidak termasuk sponsor, pembayaran per tampilan, gaji ataupun iklan.

Kini, mukbang menjadi hiburan internasional sepanjang 2018, ketika para penggiat YouTube berlomba-lomba mengunggah videonya saat makan porsi besar melebihi 4.000 kalori, yang ditonton puluhan juta pemirsa selama lebih dari 60 menit per siaran.

Ada setidaknya lima aspek yang membuat mukbang populer: selain porsi besar yang unik, ada reaksi nikmat para host saat makan, faktor kesamaan terkait rasa kesepian, budaya sosial, dan dukungan teknologi.

“Di Korea, tidak umum bagi orang untuk makan sendiri,” kata Simon Stawski, seorang blogger Kanada pendiri Eat Your Kimchi, yang pindah ke Korea Selatan sejak tahun 2008 kepada TODAY Food.

“Makan adalah aktivitas sosial. Anda tidak duduk dan makan sendirian. Bagi mereka yang tidak bisa makan dengan orang lain, kemungkinan besar akan tinggal di rumah untuk makan sendirian, tetapi mereka masih memiliki dorongan untuk bersosialisasi sambil makan.”

Hal itulah yang, menurut Stawski, direplikasi oleh para host mukbang dan digemari para penonton karena perasaan satu asa satu rasa.

“Karena semua orang sibuk hari ini, mereka memiliki lebih sedikit waktu untuk bertemu orang-orang. Saya pikir pemirsa menikmati perasaan bahwa mereka makan dengan seseorang ketika menonton mukbang,” ujar Chien, Youtuber mukbang kesohor dari Taiwan.

Terlebih lagi, popularitas mukbang didukung oleh fakta bahwa Korea merupakan salah satu negara dengan internet tercepat di dunia. Hal ini memungkinkan orang-orang melakukan atau menonton mukbang kapan pun lewat ponsel.

The Guardian mencatat, mukbang juga populer karena reaksi nikmat para host biasanya diselipi komponen ASMR yang intinya mengajak orang lain berinteraksi.

ASMR atau autonomous sensory meridian response adalah sensasi menyenangkan mirip orgasme otak dari menonton atau mendengarkan kebiasaan sehari-hari, seperti berbisik, menyikat rambut, melipat pakaian, dan banyak lagi.

Dalam hal menonton mukbang, ada kesenangan luar biasa yang muncul dari rasa geli, alih-alih merinding di leher, ketika melihat dan mendengar para BJ menikmati makanan seperti menghirup, mengunyah, atau berdecak.

Laman Studybreaks menulis, beberapa orang mungkin menganggap berinteraksi alias berbicara saat makan, apalagi ditambah embel-embel ASMR, sebagai kebiasaan menganggu, bahkan dilarang.

Di balik kualitas adiktif mukbang, ada hubungan kuat di otak antara suara, visual, dan rasa lapar. Seluruhnya beradaptasi secara evolusioner, sebagai bentuk kepuasan yang berasal dari “kelaparan visual”.

Pertayaannya, apakah tren ini baik atau buruk?

Menurut seorang mahasiswa yang menulis di Medium, beberapa ahli khawatir sifat dari video mukbang dapat memicu pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat pada pemirsa yang rentan.

Namun, mengingat para BJ ternyata punya gaya hidup sehat yang ketat ketika tidak mengunggah video, para ahli sepakat bahwa fenomena mukbang lebih membawa perubahan positif.

Baca juga: Singapura dan Malaysia Geger Memperebutkan Minuman Cendol

Related

Lifestyle 2203479812218390898

Recent

item