Misteri Bintang Putih, Batu Permata Terbesar di Alam Semesta

Misteri Bintang Putih, Batu Permata Terbesar di Alam Semesta

Naviri Magazine - Di galaksi kita terdapat sebuah bintang yang disebut “BPM 37093”. Bintang ini merupakan batu permata terbesar di alam semesta yang diketahui saat ini, dengan diameter 4.000 km, dan beratnya setara dengan 10 dipangkatkan 34 karat.

“BPM 37093” terletak di Centaurus, jaraknya dari bumi sekitar 50 tahun cahaya. Ia adalah sebuah bintang putih, hasil dari bintang tetap kecil yang menuju ke masa akhir evolusi, dan intinya adalah karbon kristal (batu permata) yang berdensitas eksra tinggi. Bagian luarnya diselimuti lapisan hidrogen dan helium.

Ilmuwan asal Amerika Serikat, Micter Kaerf, bersama Monger Marry dari Universitas Combridge, Inggris, dan ilmuwan asal Brasil, mengumumkan bahwa mereka telah menemukan bintang “BPM 37093”.

Ketika itu, Micter dengan nada canda mengatakan, “Meskipun harta kekayaan sang raja komputer Bill Gates plus harta Donald Trump digabung, tidak akan sanggup membelinya.”

Selama 40 tahun ini, astronom beranggapan bahwa inti bintang putih akan mengkristal seiring dengan turunnya suhu, namun bukti yang akurat semuanya sulit diamati.

Micter menghitung intinya memang sudah mengkristal melalui getaran pulsasi “BPM 37093”-nya bintang putih. Lima miliar tahun kemudian, matahari kita juga akan berubah menjadi sebuah bintang putih. Ditambah dengan beberapa masa, maka yang tampak di pusat tata surya kita saat ini hanya berupa sebuah batu permata raksasa.

Baca juga: Ngeri dan Menakjubkan, Inilah 10 Temuan Paling Aneh di Bumi 

Related

Science 1354491176580799621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item