Kerajaan Benin, Penguasa Perdagangan di Zaman Afrika Kuno

Kerajaan Benin, Penguasa Perdagangan di Zaman Afrika Kuno

Naviri Magazine - Benin merupakan negara Afrika pra-kolonial, yang berdiri pada 1300 M. Wilayah kerajaan ini terletak di selatan bagian tengah Nigeria yang kita kenal sekarang. Sampai akhir abad ke-19, kekaisaran ini menjadi salah satu kekuatan utama di Afrika Barat.

Menurut salah satu saksi sejarah, bernama Olfert Dapper, dalam satu hari Raja Benin dapat menyiapkan 20.000 orang untuk berperang, bahkan dalam keadaan genting dapat menyiapkan sampai 180.000 orang.

Kerajaan Benin memiliki pengaruh besar di antara bangsa-bangsa yang ada di sekitarnya. Kekuasaanya membentang di kota-kota dan pelosok desa. Tidak ada raja lain di sekitarnya saat itu yang memiliki banyak kota indah seperti milik Raja Benin.

Ketika kapal dagang Eropa mulai mengunjungi Afrika Barat pada abad ke-15 dan seterusnya, Kekaisaran Benin memiliki kendali untuk mengontrol perdagangan antara masyarakat pedalaman Afrika dan Eropa. Ketika Inggris mencoba memperluas perdagangan mereka di abad ke-19, para prajurit Benin membunuh utusan kerajaan Inggris.

Baca juga: Kekaisaran Mali, Mercusuar Peradaban dari Zaman Kuno 

Related

World's Fact 5616751239179748481

Recent

item