Kura-kura Galapagos, Hewan dengan Hidup Paling Santai di Dunia

Kura-kura Galapagos, Hewan dengan Hidup Paling Santai di Dunia

Naviri Magazine - Kura-kura besar ini berasal dari Pulau Isabela di Lautan Pasifik. Pulau Isabela termasuk kepulauan Galapagos, 965,4 kilometer di sebelah barat Ekuador, Amerika Selatan.

Reptil berbentuk kubah ini terkenal sebagai makhluk berdarah dingin terberat di dunia. Kura-kura jantan ada yang beratnya sampai 272 kg. Berat kura-kura betina memang jarang yang lebih dari 136 kg. Usia makhluk ini dapat mencapai 150 tahun.

Kura-kura Galapagos suka hidup santai. Setiap hari ia tidur kira-kira 16 jam. Ia bangun pukul 7 atau 8 pagi, kemudian berjemur di bawah matahari dua-tiga jam lamanya, sampai badannya yang besar terasa hangat. Pada sisa waktunya, ia mungkin bergerak beberapa meter saja untuk mencari makanan.

Makanan makhluk raksasa ini aneka macam dan agak aneh. Ia melahap jelatang dan buah berduri. Ia juga menyukai buah-buahan beracun yang berbahaya bagi manusia.

Kura-kura ini tidur pukul 4 atau 5 sore. Supaya tubuhnya tetap hangat sepanjang malam, ia membenamkan setengah tubuhnya dalam lumpur. Lumpur juga melindunginya dari serangan nyamuk. Esok harinya, lumpur yang melekat pada tubuhnya mengering, dan melindunginya dari serangan kutu-kutu kecil yang suka menyelusup ke dalam celah-celah kulitnya.

Jika kutu-kutu kecil menyelinap ke dalam tungkainya yang panjang dan berkerut, ke kepala atau kakinya, ia cukup menjulurkan bagian tubuh itu dan membiarkan burung kutilang mematuk habis kutu-kutu.

Baca juga: Mona Iguana, Makhluk Berwujud Aneh Keturunan Hewan Purba

Related

Science 6748588027108513067

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item