Sejarah Perlawanan Rakyat Palestina Terhadap Penjajahan Inggris

Sejarah Perlawanan Rakyat Palestina Terhadap Penjajahan Inggris

Naviri Magazine - Pada 13 Juni 1921, untuk pertama kalinya, rakyat Palestina melakukan perlawanan bersenjata terhadap pemerintah kolonial Inggris. Perlawanan itu berlangsung di tahun-tahun awal kolonialisme Inggris, akibat rakyat Palestina menentang keras berbagai kebijakan politik yang dijalankan Inggris di wilayah mereka.

Seperti yang tercantum di dalam Perjanjian Balfour, Inggris menyatakan diri sebagai pendukung utama para pemukim Yahudi di kawasan Palestina, hingga terbentuknya sebuah negara Israel di sana.

Sejak isi perjanjian itu dilaksanakan, jumlah warga Yahudi di kawasan Palestina pun meningkat secara pesat. Pada tahun 1923, jumlah orang Yahudi di Palestina sekitar 35.000 orang, dan jumlah itu langsung membengkak menjadi lebih dari 600.000 orang pada tahun 1940-an.

Menjelang didirikannya negara Israel pada tahun 1948, jumlah warga Yahudi di kawasan itu pun telah menjadi sepertiga dari jumlah keseluruhan warga yang menempati Palestina.

Baca juga: Sejarah Albania, dari Zaman Romawi Sampai Meraih Kemerdekaan

Related

History 7327904717641013742

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item