Mengenal Ekologi, Ilmu yang Mempelajari Iklim dan Bumi

 Mengenal Ekologi, Ilmu yang Mempelajari Iklim dan Bumi

Naviri Magazine - Apa yang dipelajari para ahli ekologi? Setidaknya ada tiga hal yang dipelajari oleh para ahli ekologi, yaitu:

Pertama, perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain ke dalam lingkungannya, dan faktor-faktor yang menyebabkannya.

Kedua, perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda, dalam faktor-faktor yang menyebabkannya.

Ketiga, terjadinya hubungan antar spesies (interaksi antar spesies) makhluk hidup, dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Di masa kini, para ekolog (orang yang mempelajari ekologi) berfokus pada ekowilayah bumi dan riset perubahan iklim.

Apa konsep ekologi?

Konsep ekologi adalah hubungan keterkaitan dan ketergantungan antara seluruh komponen ekosistem yang harus dipertahankan dalam kondisi stabil dan seimbang (homeostatis).

Perubahan terhadap salah satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. Homeostatis adalah kecenderungan sistem biologi untuk menahan perubahan, dan selalu berada dalam keseimbangan.

Ekosistem mampu memelihara dan mengatur diri sendiri seperti halnya komponen penyusunnya, yaitu organisme dan populasi. Karena itu, ekosistem dapat dianggap sebagai suatu cibernetika di alam.

Ekosistem merupakan kumpulan dari bermacam-macam hal dari alam tersebut, semisal hewan, tumbuhan, lingkungan, dan manusia.


Related

Science 435668840776920059

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item