Cara Pintar Jepang Dalam Mengelola Sampah dan Limbah

Cara Pintar Jepang Dalam Mengelola Sampah dan Limbah

Naviri Magazine - Tokyo, salah satu kota di Jepang, adalah penghasil sampah dan limbah terbesar, selain Mexico City. Tokyo memang memiliki penduduk 50 persen lebih banyak dibandingkan Mexico City, tapi mereka memiliki sistem pengelolaan sampah yang jauh lebih baik. Tokyo punya program daur ulang yang tertata dan selalu berupaya menjadi kota tanpa limbah.

Menilik situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, mereka menggunakan teknologi untuk mengatur sistem persampahan seperti limbah medis, limbah botol plastik, teknologi daur ulang alat rumah tangga, teknologi pemanfaatan biomassa, dan teknologi pembuangan sampah di TPA yang memungkinkan stabilisasi limbah dalam waktu singkat.

Tak hanya itu, Jepang juga memikirkan teknologi untuk efisiensi pengangkutan sampah. Karena masalah pemanasan global, mereka menggunakan truk sampah tipe polusi rendah, yang digerakkan dengan listrik dan truk hibrida.

Untuk efisiensi pengumpulan dan pengangkutan sampah perkotaan, mereka memperluas area dengan mendirikan stasiun pemindahan sampah, sehingga limbah dapat dipindahkan dari truk berukuran kecil atau sedang ke truk berukuran besar.

Related

World's Fact 4949771681851599837

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item