Ini 10 Makhluk Paling Misterius yang Membuat Dunia Penasaran

Ini 10 Makhluk Paling Misterius yang Membuat Dunia Penasaran

Naviri Magazine - Ada makhluk-makhluk, khususnya hewan, yang telah dikenal secara umum, bahkan telah diklasifikasikan secara ilmiah. Namun, ada pula makhluk-makhluk yang tidak/belum dikenal secara umum, karena kemunculan atau keberadaannya sulit dideteksi. Karena itulah lalu muncul kajian yang disebut cryptozoology.

Cryptozoology adalah studi tentang "hidden animal". Hal ini mengacu pada pencarian hewan-hewan yang dianggap legendaris atau dinyatakan "tidak ada" oleh ilmu biologi modern. Termasuk mencari contoh hidup hewan yang telah punah, seperti dinosaurus, binatang yang keberadaannya tidak memiliki dukungan fisik tapi muncul dalam mitos dan legenda.

Sementara cryptid adalah istilah yang digunakan dalam cryptozoology, yang merujuk pada makhluk yang keberadaannya telah disarankan, tetapi belum diakui oleh konsensus ilmiah, dan yang eksistensinya dianggap tidak mungkin tetapi ada dalam pikiran kita. Terkait hal tersebut, berikut ini adalah sepuluh makhluk pling misterius yang membuat dunia penasaran.

Mothman

Mothman adalah makhluk yang dilaporkan terlihat di daerah Point Pleasant, Virginia Barat, dari 1966 sampai 1967. Kebanyakan pengamat menggambarkan Mothman sebagai makhluk mirip manusia dengan ukuran besar, mata merah, dan sayap besar. Makhluk itu kadang-kadang dilaporkan tidak memiliki kepala, dengan mata yang terdapat di dada.

Orang-orang yang telah melihat Mothman menggambarkan dia sebagai makhluk yang memiliki tinggi 7 kaki, sayap yang besar panjang, dan mata merah besar. Memiliki jeritan yang tidak biasa, dan dapat didengar dari jarak hingga satu kilometer.

Giant Anaconda 

Laporan mengenai adanya anaconda telah ada sejak penemuan Amerika Selatan, saat penampakan anaconda dengan panjang sekitar 50 meter (150 kaki), dan telah menjadi subyek perdebatan antara cryptozoologists dan zoologis.

Anaconda biasanya tumbuh hingga ukuran 6 meter (20 kaki), dan berat 250 kilogram. Meskipun beberapa spesies seperti phyton bisa tumbuh panjang, beberapa anaconda seperti anaconda hijau merupakan ular terberat dan terbesar dalam hal diameter semua ular, dan sering dianggap sebagai ular terbesar di dunia.

Goatman

Goatman adalah hominid cryptid yang terdapat di negara bagian Maryland, Amerika Serikat. Makhluk ini dianggap sebagai makhluk hibrid: setengah manusia dan setengah kambing.

Beberapa orang menyatakan Goatman mempunyai kemiripan dengan Bigfoot. Penampilannya mirip satyr atau Pan dalam mitologi Yunani. Beberapa penampakan Goatman antara lain di halaman belakang rumah yang terletak di Prince George's County, dan dekat Rumah Sakit Glenn Dale.

Dilaporkan, makhluk ini telah menyerang sejumlah saksi, dan telah merusak beberapa properti, serta membunuh beberapa hewan peliharaan.

Yeti

Yeti adalah makhluk humanoid yang mendiami wilayah Himalaya, Pakistan, dan Nepal. Komunitas ilmiah sebagian besar menganggap Yeti sebagai legenda, namun ia menjadi salah satu makhluk paling terkenal selain Bigfoot di daerah Amerika Utara.

Mahluk ini tinggi, berkaki dua ditutupi rambut putih panjang, dan tidak mengenakan pakaian. Saat di bawah sinar matahari, rambutnya dapat berubah menjadi merah.

Chupacabra

Kata Chupacabra berasal dari kata chupar: menghisap, dan cabra: kambing. Nama makhluk ini berasal dari kebiasaan binatang itu yang menyerang dan minum darah ternak, khususnya kambing.

Makhluk cryptid legendaris ini dikabarkan menghuni sebagian daerah Amerika. Hal ini terkait dengan penampakan hewan tak dikenal di Puerto Rico (di mana penampakan pertama kali dilaporkan), Meksiko, dan Amerika Serikat. Deskripsi fisik makhluk itu berbeda-beda.

Penampakan oleh saksi mata telah dilaporkan sejak tahun 1990 di Puerto Rico, daerah utara Maine, dan selatan Chile. Makhluk ini diduga berukuran sebesar beruang kecil, dengan deretan duri dari leher hingga ke pangkal ekor. Ahli biologi dan pejabat satwa liar melihat chupacabra sebagai makhluk legenda kontemporer.

Loch Ness

Monster Loch Ness adalah makhluk cryptid yang konon menghuni Danau Loch Ness di dataran tinggi Skotlandia. Spekulasi yang paling sering, makhluk itu merupakan plesiosaurus yang bertahan hidup.

Ketertarikan pada mahluk ini telah ada sejak tahun 1933. Bukti keberadaannya dianggap sebagai lelucon, dengan minimnya informasi serta banyaknya foto yang dianggap palsu.

Lycanthrope

Manusia serigala (werewolf), juga dikenal sebagai lycanthrope, merupakan makhluk berwujud manusia dengan kemampuan berubah menjadi serigala. Seseorang dapat menjadi manusia serigala jika tergigit atau tergores werewolf lain, atau mendapat kutukan.

Transformasi makhluk ini terjadi ketika munculnya bulan purnama. Werewolf pada umumnya terdapat di Eropa, meskipun dari sejarah pengetahuan didapat penyebaran di beberapa tempat di dunia.

Mermaid

Putri duyung atau mermaid adalah cryptid dengan kepala dan dada perempuan, serta memiliki ekor ikan duyung. Legenda makhluk ini sudah ada setidaknya sejak 5000 SM. Asal usulnya diyakini dari Ratu Agung Atargatis, yang mencintai seorang gembala, dan tidak sengaja membunuhnya.

Merasa malu, dia melompat ke danau dan mengambil bentuk ikan, tapi air tidak menyembunyikan keindahannya. Sehingga ia berbentuk manusia di atas pinggang, dan ikan di bagian bawah. Dalam cerita rakyat Inggris, penampakan putri duyung dianggap sebagai pertanda sial.

Dragon

Naga atau dragon biasanya ditampilkan dengan tubuh seperti kadal besar, atau seekor ular dengan dua pasang kaki, dan mampu memancarkan api dari mulutnya. Naga Eropa memiliki sayap seperti kelelawar yang tumbuh dari punggungnya.

Meskipun terdapat dalam legenda, cerita naga terkenal dan ada di seluruh dunia. Daerah yang berbeda memiliki berbagai cerita tentang monster yang telah dikelompokkan bersama, di bawah label naga.

Bigfoot

Bigfoot, juga dikenal sebagai Sasquatch, konon makhluk mirip kera yang menghuni hutan, terutama di wilayah Pacific Northwest, Amerika Utara. Bigfoot biasanya digambarkan sebagai makhluk besar berbulu, bipedal humanoid. Kebanyakan ilmuwan menganggap keberadaan Bigfoot sebagai kombinasi dari cerita rakyat dan kesalahan identifikasi.

Namun demikian, Bigfoot merupakan salah satu contoh yang paling terkenal dari cryptid dalam Cryptozoology dan legenda abadi. Bigfoot digambarkan dalam laporan sebagai makhluk mirip kera besar berbulu, berkisar antara 60-10 kaki (2-3 meter), beratnya lebih dari 500 pon (230 kilogram), dan tertutup rambut hitam atau cokelat kemerahan gelap.

Related

World's Fact 5786726308426770637

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item