Misteri Penemuan Fosil-fosil Naga dari Zaman Purba (Bagian 2)

Misteri Penemuan Fosil-fosil Naga dari Zaman Purba

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Misteri Penemuan Fosil-fosil Naga dari Zaman Purba - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Penggalian hingga tahun 2003 itu melibatkan puluhan arkeolog dari Research Institute of Lioning Province, dan telah menyelesaikan pekerjaan pada 16 situs. Mereka mengaduk-aduk situs pada areal 1.576 meter persegi. Menggali enam kuburan kuno yang diduga menjadi kuburan para pimpinan masa itu.

Dari hasil penggalian, ditemukan 479 potong bukti yang mengarah tentang keberadaan naga, dalam bentuk fosil rahang dan bagian tubuh lainnya yang diduga merupakan bagian tubuh dari seekor ular besar. Termasuk tiga potong patung naga yang terbuat dari batu giok halus, yang ditemukan dari kuburan kuno.

Konon temuan giok patung naga itu hampir sama dengan temuan hasil ekskavasi di Desa Sanxingtala, pada tahun 1970. Desa ini masuk dalam wilayah Kota Cipeng di Mongolia Dalam.

Profesor So Bingqi, seorang arkeolog terkenal di China, dan merupakan Ketua Asosiasi Arkeolog Cina, mengungkapkan temuan terbaru itu masih harus diteliti lebih jauh. Terutama dengan uji karbon, untuk menentukan umur binatang purba itu, dan merekonstruksi seluruh bentuk fisiknya.

Penggalian dilakukan lebih dalam lagi, untuk mencari bagian fosil lainnya yang bisa membuktikan apakah fosil itu merupakan binatang melata biasa, atau memang seekor naga yang diduga hidup lebih muda beberapa ribu tahun dari zaman binatang purba Dinosaurus, T-Rex, Brontosaurus, dan binatang-binatang purba lainnya.

Namun dari ukuran tubuh, yang bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan sejenis dinosaurus, diduga kuat temuan itu memang sejenis ular pemangsa. Karena terlihat dari taringnya yang sangat tajam yang mengarah ke dalam, seperti halnya pada binatang pemangsa lain yang ditemukan lebih dahulu, seperti T-Rex.

Nenek moyang ular

Penelitian di sekitar lembah Sungai Liachoe terus dilanjutkan para arkeolog, untuk menentukan apakah temuan ini hanya satu-satunya bukti, atau masih ada yang lain. Pada penggalian di “Red Mountain Goddes”, ditemukan bukti lainnya yang saling mendukung. Temuan serupa di lokasi ini menemukan beberapa bukti lain yang menguatkan keberadaan naga.

Arkeolog Bingqi maupun Daahun, anggota tim kerja pencari bukti keberadaan naga, menyimpulkan bahwa hewan yang selama ini dimitoskan itu memang ada. Namun, apakah bentuknya memang seperti naga yang digambarkan dalam legenda, atau hanya ular purba biasa? Semua itu masih tanda tanya. Para arkeolog masih mencari bukti-bukti lain, dan merekonstruksinya secara sempurna.

Untuk sementara, mereka berhasil merekonstruksi temuan fosil itu sebagai jenis binatang ular purba. Hal ini terlihat jelas, dari kerangka kepala yang mengarah pada sebuah kerangka ular. Namun masih belum sempurna, karena beberapa bagian lain, yang diduga berupa tulang rawan, bentuknya masih samar-samar. Tapi semua arkeolog meyakini fosil itu adalah fosil naga, nenek moyang ular sekarang.

Mengenai keraguan bentuk naga sebenarnya, untuk sementara mereka sepakat bahwa gambaran patung-patung naga yang dibuat sejak ribuan tahun lalu itu mewakili bentuk ular naga sebenarnya, meski bukti-bukti pendukungnya masih diupayakan.

Mereka juga setuju bahwa gambaran yang ditemukan dalam bentuk patung giok naga (patung dari emas dan perunggu, diperkirakan berumur 8.000 tahun lebih) merupakan gambaran bentuk asli naga yang kini tinggal fosilnya.

Pada akhirnya, bukti-bukti bahwa naga pernah ada layak didukung, dengan harapan hewan ini merupakan wakil dari wujud kebaikan. Sebab bukan tidak mungkin, pemujaan bangsa China maupun bangsa lainnya dikarenakan suatu hal baik yang pernah dilakukan oleh naga atau “hewan sejenis ular besar” kepada manusia, di masa-masa lampau.

Related

Science 2922198710654331096

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item