Ini 20 Misteri Dunia yang Tak Pernah Terpecahkan (Bagian 1)

Ini 20 Misteri Dunia yang Tak Pernah Terpecahkan

Naviri Magazine - Ada beragam misteri yang terjadi di berbagai tempat di dunia, dari misteri yang terkait alam sampai misteri yang terkait manusia. Dari banyak misteri itu, sebagian telah terungkap, hingga kita jawabannya. Namun, sebagian lain masih gelap dan tak pernah terpecahkan, hingga membuat banyak orang terus bertanya-tanya.

Berikut ini adalah 20 misteri dunia yang merentang dari zaman dulu sampai masa modern, dari misteri yang terkenal sampai kurang dikenal.

Shroud of Turin

Kain kafan dari Turin adalah sejenis kain linen yang berisi cap wajah seorang pria, yang tampaknya meninggal karena penyaliban. Umat Kristiani di dunia mempercayainya sebagai kain kafan Yesus. Saat ini, kain kafan tersebut disimpan di Katedral St John the Baptist di Turin, Italia.

Meskipun banyak penyelidikan ilmiah yang dilakukan untuk mengungkap hal itu, namun hingga detik ini tidak seorang pun mampu menjelaskan bagaimana gambar wajah itu bisa ada pada kain kafan tersebut.

Tes radiokarbon menyebut kain kafan tersebut berasal dari abad pertengahan, namun hasil tes radiokarbon itu diragukan.

Kapal Mary Celeste

Kapal Mary Celeste diluncurkan di Nova Scotia pada tahun 1860. Nama aslinya adalah Amazon. Panjang keseluruhan kapal 103 kaki, dengan berat 280 ton.

Kapten kapal Mary Caleste adalah Benjamin Briggs, 37 tahun. Pada 7 November 1872, kapal berangkat dari New York, dengan penumpang kapten Briggs, istrinya, anak perempuannya, dan delapan awak. Kapal itu membawa bahan mentah alkohol 1.700 barel, menuju Genoa, Italia.

Sejak itu, kapal Mary Caleste beserta seluruh awaknya tak pernah kelihatan lagi. Juga tak pernah sampai di tujuan. Apa yang terjadi, tidak ada yang tahu.

Sampai suatu ketika, kapal itu ditemukan di tengah Selat Gibraltar. Sudah diperiksa, tidak ada tanda-tanda bekas keributan atau apapun yang bisa memperkirakan peristiwa yang terjadi di kapal, sebelum hilangnya semua awak secara misterius. Semua dokumen, kecuali log kapten, hilang tanpa bekas.

The Taos Hum

The Taos Hum adalah suara bernada rendah yang dilaporkan terdengar di berbagai tempat di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan utara Eropa. Bunyi itu biasanya hanya terdengar di lingkungan yang tenang, dan sering digambarkan sebagai mesin diesel dari kejauhan.

Namun dari mana asal sebenarnya suara aneh itu, sampai sekarang belum terungkap.

Pada 1997, Kongres meminta para ilmuwan melakukan penelitian untuk menyelidiki suara berfrekuensi rendah yang didengar penduduk kota kecil Taos, New Mexico. Selama bertahun-tahun penduduk telah mendengar suara, sering digambarkan oleh mereka sebagai “hum”, tapi tak seorang pun tahu penyebab bunyi mirip dengungan itu.

Black Dahlia

Pada 1947, tubuh Elizabeth Short, 22 tahun, ditemukan terpotong dua di tempat parkir di Los Angeles. Tragedi pembunuhan itu kemudian diberitakan di surat kabar, dan mendapat sebutan “Black Dahlia”.

Menurut laporan surat kabar, sesaat setelah pembunuhan, Short menerima nama julukan “Black Dahlia” di sebuah toko obat Long Beach pada musim panas 1946, sebagai plesetan dari film The Blue Dahlia.

Namun, jaksa penyelidik negara bagian Los Angeles menyelidiki julukan yang diciptakan oleh wartawan surat kabar itu. Apalagi Elisabeth Short selama hidupnya tak sekali pun mendapat julukan Black Dahlia. Bagaimana asal usulnya tiba-tiba setelah mati mendapat ‘gelar’ tersebut? Apa alasan wartawan memberi julukan Black Dahlia pada Elisabeth?

Banyak rumor seputar kasus Black Dahlia, namun sampai kini tak terungkap latar belakang maupun siapa pembunuh Elisabeth.

Comte de Saint Germain

Count of St Germain (diduga meninggal pada 27 Februari 1784) adalah seorang punggawa istana, petualang, penemu, ilmuwan amatir, pemain biola, komposer amatir, dan seorang pria misterius. Ia juga dikenal dalam beberapa keterampilan dengan praktek alkimia. Dia seorang pria yang asalnya tidak diketahui, dan menghilang tanpa meninggalkan jejak.

Sejak kematiannya, berbagai organisasi okultisme telah mengadopsi dia sebagai sosok model atau bahkan sebagai dewa. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa orang telah diklaim sebagai Count of St Germain. (Catatan: St Germain bukan seorang yang dianggap santo oleh Gereja Katolik Roma. Pemberian sebutan “Saint” hanya sebutan saja, bukan gelar kesantoan).

Voynich Manuscript

Naskah Voynich adalah dokumen abad pertengahan yang ditulis dalam bahasa yang tidak diketahui. Selama lebih dari seratus tahun, orang telah mencoba memecahkan kode naskah tersebut, namun tidak berhasil.

Naskah itu sepertinya menunjukkan layanan farmakope atau sebuah topik kesehatan abad pertengahan atau awal pengobatan modern. Keberadaan naskah itu menimbulkan kebingungan, karena tak satu pun berhasil memecahkannya.

Banyak teori tentang asal-usul buku itu, isi teks, dan tujuan yang dimaksud. Namun tidak ada yang bisa memastikan. Diperkirakan, dokumen itu berisi berbagai hal, di antaranya tentang herbal, astronomi, biologi, kosmologi, farmasi, dan resep.

Baca lanjutannya: Ini 20 Misteri Dunia yang Tak Pernah Terpecahkan (Bagian 2)

Related

Mistery 1110916645867832315

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item