Misteri Asal Usul Wabah Penyakit MERS yang Mematikan

Naviri Magazine - Virus Middle East respiratory syndrome (MERS) telah merenggut nyawa sekitar 200 jiwa di seluruh dunia sejak ditemukan p...

Misteri Asal Usul Wabah Penyakit MERS yang Mematikan

Naviri Magazine - Virus Middle East respiratory syndrome (MERS) telah merenggut nyawa sekitar 200 jiwa di seluruh dunia sejak ditemukan pertama kali pada 2012. Para ilmuwan memprediksi bahwa unta adalah salah satu penyebab tersebarnya penyakit yang banyak berjangkit di Arab Saudi ini.

Namun, Dr Thomas Briese dari Colombia University, New York, Amerika Serikat, memperkirakan bahwa hewan lain juga bisa menjadi penyebar virus MERS. Briese melakukan sebuah studi pada virus MERS yang menginfeksi manusia.

Berdasarkan data, pasien MERS yang meninggal tidak pernah memiliki kontak dengan unta. Dari temuan itu, Briese kemudian menduga bahwa hewan lain, yang dekat dengan manusia, seperi kucing atau anjing, mungkin juga bisa menyebabkan tersebarnya penyakit ini dengan mudah.

Briese melakukan uji coba pada kambing dan domba, tapi ia tidak menemukan antibodi yang terkena virus MERS pada hewan tersebut.

"Hewan lain yang akan dicoba selanjutnya adalah kucing dan anjing, karena kontaknya dengan manusia lebih intim," kata Briese, seperti dilaporkan TIMES.

Briese dan tim peneliti lain akan mulai mencoba menelaah MERS pada anjing domestik, kucing, dan tikus di wilayah Arab Saudi, untuk menemukan kemungkinan tersebut.

Temuan ini diharapkan bisa menghentikan penyebaran dan pengembangan vaksin untuk hewan yang diduga bisa menyebarkan virus MERS.

Related

Science 992011730083844602

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item