Panduan Mudah Memperbaiki Kompor Gas yang Apinya Kecil

Panduan Mudah Memperbaiki Kompor Gas yang Apinya Kecil

Naviri Magazine - Tiap kompor gas memiliki kinerja unggul yang tak sama. Terutama pada kualitas api yang dihasilkan. Rata-rata besar dan berwarna biru. Tapi, bagaimana jika nyala api kompor justru kecil? Sedangkan isi gas masih banyak.

Berarti ada permasalahan yang terjadi pada api kompor gas. Apakah penyebabnya? Bagaimana cara memperbaiki kompor gas api kecil itu?

Penyebab api kecil

Terdapat beberapa kemungkinan yang mempengaruhi kinerja api kompor jadi menurun. Penyebab api kompor gas kecil seperti:
  • Gas yang sudah mulai habis atau tinggal sedikit
  • Corong api atau burner yang sudah kotor, atau tertutupi oleh kerak dan menyumbat bagian corong. Akhirnya, gas yang keluar tak maksimal, dan berpengaruh terhadap kualitas api yang turut mengecil
  • Tungku penyangga kompor yang kotor akibat kerak
  • Pematik yang tersumbat akibat kerak.

Cara memperbaiki 

Cara memperbaiki kompor gas secara efektif dapat dimulai dari mengenali penyebabnya terlebih dulu. Satu per satu dicek, mulai dari isi tabung gas, posisi knob, hingga komponen lain. Diperlukan treatment khusus untuk menangani permasalahan pada burner, tungku, dan pematik, akibat noda-noda yang menyumbat.

Panduan Mudah Memperbaiki Kompor Gas yang Apinya Kecil

Adapun caranya sebagai berikut:
  • Lepaskan tungku dan burner dari kompor
  • Sikat sampai bersih, dan bilas dengan kain lap yang lembap
  • Rendam di dalam larutan cuka, jika noda pada corong api dan tungku penyangga tak kunjung hilang
  • Keringkan sampai benar-benar kering sempurna, sebelum dipasang kembali ke kompor

Setelah burner dan tungku dibersihkan, tapi nyala api juga tetap kecil, langkah perbaikan lainnya bisa mengecek pematik. Bagian pematik api bisa dibersihkan menggunakan kawat tipis yang kecil.

Namun jika tungku, burner, hingga pematik api sudah dibersihkan tapi tak kunjung juga beres, bisa dibawa ke reparasi kompor gas.

Biasanya, cara memperbaiki kompor gas api kecil rata-rata selesai setelah dibersihkan bagian tungku dan burner-nya. Treatment ini sama untuk mengatasi permasalahan lain, seperti kompor yang tak bisa menyala, dan nyala api kompor berwarna merah.

Ini berarti, cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala tidak sulit. Begitu pun cara memperbaiki kompor gas api merah.

Related

Tips 526546693465258690

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item