Penemuan Pedang Viking Berusia 1.000 Tahun yang Menggegerkan

Penemuan Pedang Viking Berusia 1.000 Tahun yang Menggegerkan

Naviri Magazine - Sekelompok pemburu unggas mendapatkan sesuatu tak terduga dalam perburuan di Islandia. Mereka tidak menangkap satu unggas pun, namun menemukan sebuah pedang bangsa Viking yang diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun.

Menurut berita di situs Visir, lima pemburu unggas menemukan pedang itu di Skaftarhreppur, Islandia bagian selatan. Mereka menduga pedang itu muncul setelah terbawa gelombang banjir.

Salah satu pemburu, Arni Bjorn Valdimarsson, mengunggah foto pedang itu di akun Facebook. Agensi Warisan Budaya Islandia pun langsung menghubungi dirinya, dan menerima pedang itu kemarin.

Kepala agensi Kristin Huld Sigurdardottir mengatakan, hanya ada 20 pedang di era ini yang sudah ditemukan sebelumnya di Islandia.

"Pedang itu tergeletak begitu saja di tanah, tinggal menunggu ada yang memungutnya," ujar pemburu lainnya, Runar Stanley Sighvatsson, kepada Iceland Monitor.

Diduga, pedang itu berasal dari abad ke-10, yang biasa digunakan untuk ditancapkan di sebuah makam.

Lokasi pasti penemuan pedang itu belum diumumkan, karena otoritas Islandia masih ingin mencari tahu apakah ada artefak lainnya di area tersebut.

Related

World's Fact 2730531220384896503

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item