Larangan Perayaan Valentine di Sekolah, Ini Tanggapan Pengamat Pendidikan dan KPAI

 Larangan Perayaan Valentine di Sekolah, Ini Tanggapan Pengamat Pendidikan dan KPAI, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Pengamat pendidikan, Itje Chodijah, memberi tanggapan terkait pelarangan perayaan Valentine di sekolah-sekolah di Indonesia. Ia menilai, remaja saat ini mesti diberi pemahaman yang memuaskan, bukan sekadar melarang. Umumnya yang terjadi, remaja justru ogah peduli dengan larangan yang tak beralasan.

Selain itu, Itje juga mempertanyakan bagaimana dinas akan melakukan pengawasan, sebab mustahil guru mengawasi aktivitas murid di luar sekolah. Karena itu, kata dia, imbauan tersebut ia rasa tak berguna, dan tidak dilandasi pada cara berpikir yang kritis. 

"Imbauan anak-anak untuk berpikir kritis itu harus dimulai para birokrat yang berpikir kritis," kata Itje.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti, menyadari pelarangan perayaan hari kasih sayang dilandasi kekhawatiran akan pergaulan bebas. Namun tetap saja, pelarangan bukan solusi yang benar.

Mantan kepala sekolah SMAN 3 Jakarta itu mengatakan, orang tua dan sekolah mestinya menyelenggarakan pendidikan seks terhadap remaja, dan dinas mestinya mendorong hal itu. “Sebenarnya seks edukasi seperti itu yang harus ditanamkan, bukan anak ditakut-takutin, tapi dididik,” kata dia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan enggan berkomentar banyak mengenai hal ini. Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Harris Iskandar, mengaku memang banyak menemukan adanya surat edaran yang "nyeleneh”.

Ia menilai, itu bagian dari dinamika di daerah. Namun, kata Harris, Kemendikbud tidak bisa melakukan intervensi atas hal itu, sebab dinas pendidikan di daerah berada di bawah wewenang pemerintah daerah, bukan Kemendikbud.

“Kami tidak ada, itu kan kewenangan mereka A sampai Z. Kebijakan kami, kan, di standar, di kurikulum" kata Harris.

“Tanyain saja kepada dinasnya,” kata Harris menambahkan.

Related

News 6322349998639889793

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item