Misteri Penemuan Batu-batu Kuno Berbentuk Aneh di Tasikmalaya

Misteri Penemuan Batu-batu Kuno Berbentuk Aneh di Tasikmalaya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Puluhan batu dengan bentuk unik ditemukan terkubur dalam tanah, di kawasan wisata Batu Mahpar, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Batu-batuan itu terbentuk secara alami. Bahkan sebelum destinasi wisata dibuka, sejumlah batu sudah ditemukan," kata seorang pegawai destinasi wisata Batu Mahpar, Nais Siti Nuraisyah, di lokasi temuan batu di Tasikmalaya.

Nuraisyah menjelaskan, sebelumnya petugas hanya menemukan satu patung batu yang terlihat dari permukaan tanah saja.

Namun, pengelola wisata mencoba menggali secara besar-besaran, dan menemukan ada banyak batu dengan bentuk yang berbeda.

Nuraisyah menambahkan, penggalian itu sengaja dilakukan pengelola wisata, karena ingin mendirikan bangunan museum, yang membutuhkan batu atau benda peninggalan zaman dulu.

"Karena mau dibuka museum, jadi butuh artefak dan bahan kuno, akhirnya digali dan menemukan banyak (batu),"ujarnya.

Nuraisyah menjelaskan, batuan yang ditemukan itu berbentuk manusia kerdil, monyet, ganesha, alat memasak zaman dulu, dan bentuk lainnya.

Ia menambahkan, rencananya batu-batuan tersebut akan disimpan di museum, bersama dengan benda kuno lainnya, yang sebentar lagi akan diresmikan.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada tim ahli yang telah meneliti temuan batu unik ini. Namun, pengelola wisata Batu Mahpar mempersilakan jika ada peneliti yang ingin menelitinya.

"Kita memang belum undang arkeolog, tapi kalau mereka mau meneliti, dipersilakan saja," kata Nuraisyah.

Related

News 5410088571814891790

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item