Donald Trump Ajak Kim Jong Un Bekerja Sama Melawan Wabah Corona

Donald Trump Ajak Kim Jong Un Bekerja Sama Melawan Wabah Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyurati Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, untuk menawarkan kerja sama melawan virus corona. 

Dilansir Reuters, pejabat senior administrasi Trump mengonfirmasi surat itu sebagai upaya Trump melibatkan pemimpin dunia menghadapi pandemi corona. 

Diberitakan media KCNA, Trump disebut terkesan dengan upaya Kim Jong Un dalam mengatasi corona. Sejauh ini, Kim memang belum melaporkan ada kasus corona di negaranya. Trump berharap bisa melanjutkan komunikasi dengan Kim. 

Pejabat Korea Utara memastikan, Kim telah menerima surat tersebut. Korea Utara menyambut baik tawaran Trump, menandakan ada hubungan pribadi yang baik antar keduanya, meskipun terjadi gesekan baru-baru ini.

"Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada presiden AS yang telah memberikan kepercayaannya kepada Ketua Kim," kata Kim Yo-jong, saudara perempuan Kim Jong Un, yang menjabat pembantu kebijakan Korea Utara, dilansir New York Times. 

Beberapa waktu lalu, Korea Utara telah mencoba serangkaian peluncuran rudal, termasuk peluncuran dua rudal jarak pendek. Ini diyakini untuk menekan AS dan sekutu agar mencabut sanksi ekonomi.

Selama ini, Korea Utara mengklaim belum ada kasus corona di negaranya. Klaim ini juga diamini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan belum ada indikasi kasus virus corona di Korea Utara. 

"Saat ini tak ada sinyal indikasi bahwa kami akan berurusan dengan COVID-19 (virus corona) di sana (Korea Utara)," ucap Kepala Program Darurat WHO, Mike Ryan, seperti dikutip dari Reuters. 

"Belum ada alasan untuk percaya bahwa ada masalah khusus di Korut, dan kami akan memberi wewenang kepada otoritas di sana untuk mencegah dan melakukan uji coba diagnostik," sambung pejabat WHO itu. 

Sejumlah media Korsel beberapa waktu lalu memberitakan dugaan mewabahnya virus corona di Korut. Bahkan, sampai menelan korban jiwa.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 3929139588035102696

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item