Pemerintah Minta Warga Tak Mudik Lebaran untuk Cegah Penyebaran Corona

Pemerintah Minta Warga Tak Mudik Lebaran untuk Cegah Penyebaran Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat agar untuk Lebaran 2020 ini tidak perlu melakukan mudik atau pulang kampung. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Kemenhub juga membatalkan mudik gratis yang biasanya rutin diadakan. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi. Melalui video singkatnya, imbauan agar tidak mudik disampaikan setelah melakukan rapat dan diskusi dengan sejumlah kementerian dan lembaga.

Jika mudik 2020 tetap dilakukan, sama saja bertentangan dengan kebijakan pemerintah untuk social distancing atau menjaga jarak sosial.

"Untuk itu, kita dari Kemenhub nanti akan bersama-sama dengan kementerian terkait dan kepolisian, kita akan mengimbau kepada masyarakat untuk Lebaran di 2020 untuk tidak melaksanakan mudik," kata Budi.

Untuk silaturahmi yang sering dilakukan setiap lebaran, ia mengimbau untuk menggunakan teknologi yang berkembang. Seperti melalui WA maupun dengan cara video call. Sebab jika dipaksakan mudik, dikhawatirkan perkembangan Covid-19 semakin meluas, karena adanya pergerakan manusia yang besar ke wilayah lain di Tanah Air.

"Karena dengan kita mencegah mudik atau kita tidak berkunjung ke keluarga kita di daerah-daerah, tentu kita semuanya akan mendukung terhadap keputusan pemerintah," katanya.

Saat ini, pemerintah telah memberlakukan kebijakan untuk kerja di rumah, menjaga jarak, dan tidak melakukan aktivitas yang menghadirkan banyak orang. Dikhawatirkan, penyebaran terjadi jika itu dilakukan. Maka mudik 2020 diharapkan tidak dilakukan oleh masyarakat.

"Bahwa aspek kesehatan, aspek keselamatan masyarakat kita, dan kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, termasuk masyarakat, untuk bersama-sama kompak mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 8513691062821936174

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item